Share

Alves Penyelamat Barca

Fitra Iskandar, Okezone · Senin 21 Februari 2011 05:29 WIB
https: img.okezone.com content 2011 02 21 46 426798 15RpK09lWW.jpg Dani Alves dan David Villa merayakan gol.(foto:daylife)
A A A

BARCELONA – Barcelona nyaris terjungkal lagi. Andres Iniesta dkk sempat ditahan imbang 1-1 oleh tim tamu Atheletic Bilbao hingga menit 78. Meski tidak mencetak gol, Dani Alves menjadi penyelamat dalam laga kali ini. Dua asis matangnya kepada David Villa dan Lionel Messi membuka jalan kemenangan, 2-1, bagi Barca.

Barcelona yang pada pertandingan lalu takluk 2-1 dari Arsenal di leg pertama babak 16 besar Liga Champions langsung tancap gas semenjak peluit babak pertama dibunyikan. Dan tidak butuh waktu lama, di menit ke-empat David Villa sudah membuat pelatih Barca Pep Guardiola bertepuk tangan.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

Gol tercipta setelah Villa memanfaatkan umpan Dani Alves yang lolos dari jebakan offside. Eks striker Valencia yang merangsek ke dalam kotak penalti menyambut umpan matang Alves dengan sebuah tembakan first time tanpa bisa dihalau kiper Athletico Bilbao, Iraizoz.

Setelah membuka keunggulan, Barca terus menekan. Tercatat satu peluang kembali mampir di kaki Villa, sayang bola umpan Busquets gagal dimaksimalkan secara sempurna.

Sebaliknya, Los Leones mengandalkan serangan balik cepat dengan mengandalkan Llorente di posisi ujung tombak. Striker Spanyol ini tercatat satu kali membuka peluang di menit 37. Sayang tandukannya dengan gemilang diselamatkan Gabilando.

Di babak kedua, aksi Andreas Iniesta di kotak penalti Bilbao nyaris membuat Iraizoz kembali memungut bola dari sarangnya. Tapi dewi fortuna masih belum berpihak pada Iniesta, bola sepakannya dari sudut sempit hanya melintas muka gawang Bilbao.

Gagal menggandakan keunggulan, Barcelona justru tersengat oleh keputusan wasit yang memberi hadiah penalti kepada Bilbao setelah Llorente dijatuhkan Sergio Busquets di kotak terlarang. Iraola yang tinjuk sebagai algojo tidak menyia-nyiakan kesempatan. Skor pun imbang 1-1.

Tempo permainan semakin tinggi. Lionel Messi beberapa kali mengancam gawang Bilbao, namun upayanya masih gagal, termasuk ketika melakukan aksi individu melewati kepungan pemain belakang Bilbao; Messi terjatuh saat dihadang, namun wasit memberikan isyarat permainan berlanjut.

Situasi imbang 1-1 membuat Blagrana tampil kesetanan. Serangan yang digalang Andres Iniesta dan Xavi Hernandez di lini tengah mengalir sporadis. Pep pun menyuntikkan darah segar dengan memasukkan Maxwell menggantikan Mascherano.

Tembok pertahanan Bilbao baru roboh di menit 78. Dani Alves kembali menjadi inspirator gol. Dari sisi lapangan, bek kanan Brasil mengirimkan asis datar kepada Messi. Bomber Argentina menyongsongnya dengan sebuah sontekan, sehingga bola melompat ke bagian atas gawang menggetarkan jala Bilbao.

Kemenangan 2-1 ini membuat Barcelona yang di pertandingan La Liga sebelumnya hanya bermain imbang 1-1 dengan Sporting Gijon, kini mengantongi poin 65 terpaut lima poin dari Real Madrid.

BARCELONA: Pinto; Alves, Piqué, Busquets, Abidal; Mascherano, Xavi, Iniesta; Pedro, Villa, Messi.

ATHLETIC BILBAO: Iraizoz; Iraola, Ekiza, Amorebieta, Koikili; Susaeta, Martinez, Gurpegui, Gabilando, Iturraspe; Llorente.

(fit)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini