Share

Kecewa, Din Syamsuddin Sarankan Sidang Itsbat Ditiadakan

Ferdinan, Okezone · Selasa 30 Agustus 2011 02:08 WIB
https: img.okezone.com content 2011 08 29 335 497877 kGPxHq4Pc0.jpg
A A A

JAKARTA - Ketua Umum Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah, Din Syamsuddin mengaku kecewa dengan keputusan pemerintah menetapkan 1 Syawal jatuh pada Rabu 31 Agustus. Din menyebut penentuan Hari Raya Idul Fitri yang dilakukan melalui sidang Itsbat hanya mengakomodir kepentingan kelompok tertentu.

"Kalau rapat Istbat seperti selama ini yaitu hanya menjustifikasi kepentingan pemerintah maka tidak perlu rapat Itsbat," kata Din Syamsuddin saat dihubungi okezone, Senin (29/8/2011) malam.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

Din menyebutkan beberapa alasan mengapa sidang Itsbat terkesan hanya mendukung kelompok tertentu. Pertama, pemeritah tidak mengakomodir penghitungan 1 Syawal yang dilakukan Muhammadiyah dengan metode penghitungan atau hisab. 

"Inilah pandangan ilmiah yang sangat dianjurkan oleh Islam maka keputusan (menggunakan hisaab) tersebut adalah keputusan berdasarkan agama," jelas Din.

Kedua, sidang Itsbat tadi malam juga tidak mengakomodir adanya kesaksian dari dua daerah yang telah melihat bulan baru atau hilal. "Tadi malam ada kesaksian di bawah sumpah melihat hilal di Cakung dan Jepara tapi ditolak rapat Istbat. Itu menunjukkan sikap otoriter dan tidak adil dari Menteri Agama (Suryadharma Ali, red)," ujarnya.

Ke depan Din berharap pemerintah tidak perlu ikut campur menentukan awal Ramadan dan 1 Syawal agar tidak terjadi kebingungan bagi masyarakat. Kendati begitu Din berharap masyarakat tetap saling menghargai meski merayakan Idul Fitri di hari yang berbeda.

"Biarlah masing-masing kelompok menunaikan ibadah dengan keyakinannya. Bagi yang berkeyakinan Idul Fitri besok (hari ini), silakan beramai-ramai salat di lapangan. Sementara bagi yang meyakini tanggal 31 Agustus adalah Idul Fitri, silakan juga melaksanakan salat Id. Yang terpenting silaturahim harus tetap dijaga," kata Din.

(fer)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini