Share

Tak Terjebak Barang Diskon, Begini Siasatnya

K. Wahyu Utami, Okezone · Senin 31 Desember 2012 13:47 WIB
https: img.okezone.com content 2012 12 31 196 739407 2m8bTKxcNs.jpg Belanja bijak (Foto: 123rf)
A A A

KATA "sale" yang terpampang di etalase sebuah toko pakaian menjadi magnet bagi wanita untuk segera mendekatinya. Keinginan untuk segera masuk dan berburu pakaian pun menjadikan mereka implusif. Agar tak menjadi korban barang diskon, cobalah cara ini untuk mengatasinya agar tidak menguras keuangan Anda.

 

Bagaimana pun, wanita memang tidak bisa jauh dari agenda berbelanja. Bahkan, setiap waktu pun selalu saja ada item yang dibeli tanpa sengaja. Hal ini tidak saja membuat keuangan terkuras, tapi juga tagihan kartu kredit membengkak. 

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

 

Untuk mengatasi hal tersebut, itu sebabnya Anda harus cerdik dan bijak dalam  berbelanja sesuai dengan kebutuhan. Ikuti triknya berikut ini, seperti dilansir Times of India.

Prioritas

 

Jika Anda dapat menutup mata untuk tidak melihat deretan huruf bertuliskan "Sale 50% - 70%" tampaknya hal tersebut akan membuat Anda hidup tenang tanpa gangguan apa pun. Namun sayangnya sebagai seorang wanita, keinginan untuk berbelanja dan menggunakan kesempatan kata "diskon" tersebut untuk menghemat uang, alih-alih justru membuat Anda bisa belanja tanpa terkendali.

 

Untuk itu, sebaiknya jika Anda sudah mengetahui jadwal biasanya ada diskon besar-besaran, maka hal utama yang harus Anda lakukan, yaitu membeli yang prioritas. Misal, jika Anda sedang membutuhkan sepasang sepatu, maka fokuslah kepada sepatu yang sedang Anda cari tanpa harus mengarah kepada kebutuhan belanja lainnya. Dengan begitu, Anda dapat mengontrol keinginan belanja implusif. 

Jangan terlalu berlebihan dengan merek tertentu

 

Saat Anda memutuskan untuk membeli produk dengan merek tertentu, pastikan Anda telah mengetahui betul jika merek tersebut memang memiliki kualitas terbaik. Pastikan di toko lainnya tidak menjual produk dengan tipe serupa. Jangan masukkan tas Anda dengan barang-barang mereka terkenal, seperti kaus kaki, bandana, atau aksesori lainnya hanya karena benda itu semua ada di hadapan Anda. Tetaplah fokus terhadap apa yang Anda butuhkan.

Cek beberapa toko terlebih dahulu

 

Jika Anda termasuk salah satu tipe lazy shopper dan lebih memilih meminimal waktu dalam berbelanja, mungkin Anda akan melewatkan beberapa kesempatan yang lebih baik. Ya, memang bagus jika Anda telah menyelesaikan aktivitas belanja dengan mendapatkan apa yang Anda butuhkan, tapi mencari-carinya di tempat lain memungkinkan Anda mendapatkan yang lebih murah dan bagus. Meskipun Anda sudah menjatuhkan hati pada pilihan barang di toko yang Anda kunjungi, tidak ada salahnya mengecek terlebih dahulu ke toko lain sebelum melakukan pembayaran. Anda tidak akan pernah tahu bagaimana sebuah kesabaran dapat berbuah manis.

Periksa kualitasnya

Harus dipastikan, biasanya beberapa produk diskon kurang memiliki kualitas yang baik. Sementara, saat Anda berburu diskon-diskon selanjutnya, pastikan Anda memeriksa kualitas barang sebelum membayarnya. Saat berbelanja pakaian, ingatlah untuk memeriksa jahitan dan kebersihan barang yang dipajang saat itu. (ind)  

 

 

 

 

(tty)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini