Share

Segudang Pengalaman Antarkan Anies Baswedan Jadi Rektor Termuda di Indonesia

Iradhatie Wurinanda, · Jum'at 14 April 2017 12:09 WIB
https: img.okezone.com content 2017 04 14 65 1667372 segudang-pengalaman-antarkan-anies-baswedan-jadi-rektor-termuda-di-indonesia-NwrJr3R9Cu.jpg Foto: Dok. Okezone

JAKARTA - Anies Baswedan tercatat sebagai salah satu rektor termuda di Tanah Air. Pada Mei 2007, alumnus Universitas Gadjah Mada (UGM) ini resmi dilantik sebagai rektor Universitas Paramadina. Kala itu, usianya masih 38 tahun.

Tumbuh di keluarga yang berlatar belakang pendidik membuat Anies akrab dengan lingkungan akademis. Sejak masa sekolah, dia sudah aktif di berbagai kegiatan dan organisasi.

Pada 1983, Anies didapuk sebagai Ketua Panitia Tutup Tahun SMPN 5 Yogyakarta. Dilanjutkan saat SMA, pria kelahiran Kuningan 7 Mei 1969 itu pernah menjadi Ketua OSIS SMA se-Indonesia. Dia juga pernah menjalani program pertukaran pelajar selama setahun di Milwaukee, Wisconsin, Amerika Serikat.

Selama kuliah di UGM, Anies tercatat sebagai mahasiswa yang aktif. Suami dari Feri Farhati Ganis itu menjadi Ketua Senat UGM pada 1992. Bekal pengalaman organisasi itulah yang akhirnya digunakan Anies untuk menata Universitas Paramadina.

Berbagai gebrakan Anies lakukan selama memimpin Universitas Paramadina. Salah satunya yakni mencanangkan Paramadina Fellowship atau beasiswa Paramadina. Beasiswa itu meliputi biaya kuliah, buku, dan biaya hidup.

Strategi Paramadina Fellowship yang digagas oleh Anies pun berdampak positif. Sebanyak 25% dari sekira 2.000 mahasiswa Universitas Paramadina berasal dari beasiswa ini. Program ini berhasil memberikan terobosan baru di tengah mahalnya biaya perkuliahan di Indonesia, terutama di kampus swasta.

Tak hanya mewujudkan kuliah murah, Anies juga ingin mahasiswa jauh dari sifat korupsi. Alhasil, dia membuat pengajaran antikorupsi di kampusnya. Bahkan, hal ini dipelajari langsung dalam mata kuliah wajib. Yang diajarkan dalam mata kuliah ini bukan sekadar kerangka teoristis, tetapi sampai membuat laporan investigatif tentang praktik korupsi. (ira)

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(sus)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini