Share

Pesawat Hercules C-130 Tak Dilengkapi Black Box

Erie Prasetyo , Okezone · Rabu 01 Juli 2015 19:29 WIB
https: img.okezone.com content 2015 07 01 340 1174723 pesawat-hercules-c-130-tak-dilengkapi-black-box-0muYwEq0Ly.jpg Pesawat Hercules TNI AU jatuh di Medan (Foto: Erie Prasetyo/Okezone)
A A A

MEDAN – Pesawat Hercules C-130 yang jatuh di Jalan Letjen Damin Ginting, Kecamatan Medan Tuntungan, Sumatera Utara dan menewaskan ratusan orang, ternyata tidak dilengkapi kotak hitam (black box).

Hal ini diungkapkan, tim investigasi Mabes TNI AU, Sofyan saat ditemui wartawan di lokasi kejadian, Rabu (1/7/2015). Sofyan menyebutkan, pesawat nahas tersebut tidak memilki black box, karena di tahun produksinya memang tidak menggunakan kotak hitam dengan alasan untuk kepentingan militer.

"Ada juga pesawat (militer) yang menggunakan kotak hitam. Akan tetapi untuk pesawat Hercules ini tidak ada black box-nya,"sebutnya.

Saat ini, kata Sofyan, pihaknya baru melakukan pengumpulan terhadap puing-puing pesawat hercules di Jalan Jamin Ginting, KM 10, Kecamatan Medan Tuntungan, untuk mencari petunjuk penyebab jatuhnya pesawat.

"Saat ini kita masih melakukan pengumpulan terhadap puing-puing untuk investigasi," jelasnya.

Diungkapkan, pihaknya sudah berhasil mengevakuasi empat mesin pesawat nahas tersebut. "Empat engine sudah kita tandai dan kini masih kita lakukan penyelidikan,"sebutnya.

Dia saat belum bisa memastikan penyebab jatuhnya pesawat militer tersebut. "Belum bisa kita pastikan penyebabnya. Saat ini kita fokus mencari korban dan mengumpulkan puing-puing pesawat," tambah Sofyan.

Dalam insiden pesawat jatuh tersebut sebanyak 123 penumpang tewas. Jumlah ini masih belum termasuk warga sipil yang berada di lokasi jatuhnya pesawat, di mana petugas masih melakukan pencarian. Untuk mempercepat pencarian, petugas dibantu dua ekor anjing pelacak.

Terpisah, Kepala Staf Angkatan Udara (KSAU) Marsekal TNI Agus Supriatna menuturkan, hasil analisa sementara bukti yang didapat bahwa pilot ingin minta kembali ke pangkalan Soewondo setelah lepas landas.

"Kalau seorang pilot minta kembali, ada sesuatu yang rusak. Saat pilot kembali, di situlah terjadi musibah jatuhnya pesawat ini," terang Agus.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(raw)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini