Share
Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Menghitung Suhu Normal Manusia, Dewasa dan Anak-Anak Beda Loh

Martin Bagya Kertiyasa, Jurnalis · Jum'at 20 Maret 2020 16:04 WIB
https: img.okezone.com content 2020 03 20 620 2186497 menghitung-suhu-normal-manusia-dewasa-dan-anak-anak-beda-loh-LxcGBZ0EMi.JPG Penggunaan Thermal Gun untuk Mengukur Suhu Badan
A A A

BEBERAPA hari belakangan mungkin Anda sangat akrab dengan thermo gun, yang digunakan untuk mengukur suhu badan. Ya, pengukuran suhu badan ini dilakukan sebagai salah satu bagian pencegahan virus corona COVID-19.

Meskipun tidak menjamin bahwa cara tersebut dapat mencegah persebaran virus Corona COVID-19, tapi penggunaan termometer ini bisa membuat kita merasa lebih secure. Lantas, berapa sih suhu normal untuk manusia?

Anda mungkin pernah mendengar bahwa suhu tubuh "normal" adalah 98,6 derajat fahrenheit atau 37 derajat celsius. Suhu tubuh kita pun mungkin sedikit lebih tinggi atau lebih rendah.

(Baca Juga: Cegah Corona COVID-19, Berapa Sih Suhu Tubuh Normal Pada Manusia?)

Thermal Gun

Meski demikian, suhu tubuh di atas atau di bawah rata-rata tidak secara otomatis berarti Anda sakit. Sejumlah faktor dapat memengaruhi suhu tubuh Anda, termasuk usia, jenis kelamin, waktu, dan tingkat aktivitas Anda.

Melansir Healthline, kemampuan tubuh Anda untuk mengatur perubahan suhu memang menurun, seiring bertambahnya usia. Secara umum, orang tua memiliki lebih banyak kesulitan menjaga panas. Mereka juga lebih cenderung memiliki suhu tubuh yang lebih rendah.

(Baca Juga: Penasaran, Berapa Ya Suhu Tubuh Normal Manusia?)

Suhu rata-rata tubuh berdasarkan usia diperkirakan sebagai berikut:

termometer

Bayi dan anak-anak

Pada bayi dan anak-anak, suhu tubuh rata-rata berkisar antara 97,9 derajat fahrenheit (36,6 derajat celsius) hingga 99 derajat fahrenheit (37,2 derajat celsius).

Orang dewasa

Di antara orang dewasa, suhu tubuh rata-rata berkisar dari 97 derajat fahrenheit (36,1 derajat celsius) hingga 99 derajat fahrenheit (37,2 derajat celsius).

Dewasa di atas usia 65

Pada orang dewasa yang lebih tua, suhu tubuh rata-rata lebih rendah dari 98,6 derajat fahrenheit (36,2 derajat celsius).

(Baca Juga: Suhu Tubuh 4 Orang Suspect Virus Korona COVID-19 Masih di Atas 37 Derajat)

Perlu diingat bahwa suhu tubuh normal bervariasi dari orang ke orang. Suhu tubuh Anda mungkin hingga 0,6 derajat celcius lebih tinggi atau lebih rendah dari patokan.

Follow Berita Okezone di Google News

Dokter Jerman Carl Wunderlich mengidentifikasi suhu tubuh rata-rata 98,6 derajat fahrenheit (37 derajat celsius) selama abad ke-19.

Tetapi pada tahun 1992, hasil dari sebuah studiTrusted Source menyarankan untuk meninggalkan rata-rata ini demi suhu tubuh rata-rata yang sedikit lebih rendah yaitu 98,2 derajat fahrenheit (36,8 derajat celsius).

(Baca Juga: Banyak Kantor Pakai Thermal Gun, Jubir Korona Sebut Memberikan Ketenangan)

Para peneliti menunjukkan bahwa tubuh kita cenderung menghangat sepanjang hari. Akibatnya, demam di pagi hari mungkin terjadi pada suhu yang lebih rendah daripada demam yang muncul di kemudian hari. Orang yang lebih lebih muda pun cenderung memiliki suhu tubuh rata-rata yang lebih tinggi. 

Tingkat aktivitas fisik dan makanan atau minuman tertentu juga dapat mempengaruhi suhu tubuh. Suhu tubuh wanita dipengaruhi oleh hormon juga, dan dapat naik atau turun pada titik yang berbeda selama siklus menstruasi wanita.

(Baca Juga: Thermal Gun Tak Efektif, Termometer Ini Lebih Akurat Ukur Suhu)

Selain itu, bagaimana Anda mengukur suhu Anda dapat memengaruhi pembacaan. Pembacaan ketiak bisa lebih rendah daripada pembacaan dari mulut. Dan pembacaan suhu dari mulut seringkali lebih rendah daripada pembacaan dari telinga atau dubur.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini