Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Segudang Manfaat Berjemur Matahari Pagi, Cegah Corona hingga Bikin Tidur Nyenyak

Mohammad Saifulloh, Jurnalis · Selasa 31 Maret 2020 11:45 WIB
https: img.okezone.com content 2020 03 31 620 2191681 segudang-manfaat-berjemur-matahari-pagi-cegah-corona-hingga-bikin-tidur-nyenyak-ll3mdOUxFL.jpg Segudang Manfaat Berjemur Matahari Pagi (Foto: Shutterstock)

BERJEMUR menjadi kegiatan rutin bagi para bayi yang baru lahir. Sejak pandemi virus Corona, kegiatan mandi matahari pagi ini menjadi favorit sebagian besar orang dewasa di Indonesia.

Manfaat sinar matahari pagi diyakini untuk asupan vitamin D. Jika waktu yang tepat untuk menjemur bayi adalah pukul 07.00-08.00 pagi, dengan durasi selama 15-20 menit.

Khusus waktu berjemur orang dewasa disarankan mulai pukul 10.00 pagi, selama 5-15 menit saja sebanyak 2-3 kali seminggu. Bila perlu, gunakan krim tabir surya untuk melindungi kulit dari sinar ultraviolet (UV).

Menilik manfaat utama paparan matahari pagi, Okezone mengungkap 'kesaktian' lain yang terpancar seperti berikut dilansir dari healthline.com:

1. Meningkatkan penyerapan kalsium dan fosfor

Sinar matahari pagi akan merangsang produksi vitamin D di dalam tubuh. Manfaat vitamin D untuk meningkatkan penyerapan kalsium dan fosfor di usus, sehingga dapat memperkuat tulang, gigi, serta otot.

Vitamin D juga dapat membantu mencegah beragam penyakit, seperti osteoporosis, hipertensi, diabetes tipe 1 dan 2, serta multiple sclerosis.

2. Memperbaiki kualitas tidur

Buat para penderita insomnia yang kerap mengalami susah tidur, berjemur bisa menjadi terapi. Lantaran paparan sinar matahari pagi dapat merangsang produksi hormon melatonin di dalam tubuh. Melatonin adalah hormon yang berperan mengatur siklus tidur. Jika kadar melatonin di dalam darah rendah, siklus tidur dapat terganggu.

Secara langsung, masa tidur yang cukup selama 7-8 jam sehari dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

3. Mencegah berbagai penyebab infeksi

Saat terpapar sinar matahari, tubuh akan menghasilkan lebih banyak sel darah putih yang berfungsi sebagai perlindungan tubuh. Sel darah putih memegang peranan penting dalam melawan berbagai penyebab infeksi, salah satunya infeksi virus Corona.

4. Membuat kulit lebih sehat

Paparan sinar mentari pagi diyakini membantu mengatasi berbagai penyakit kulit, seperti jerawat, eksim sampai psoriasis. Sel-sel kulit mati di permukaan tubuh akan diregenerasi lebih cepat lewat paparan sinar matahari yang cukup.

5. Menghindarkan depresi

Kekurangan paparan sinar matahari membuat manusia cenderung mempunyai mood negatif. Hubungan sinar matahari dengan kondisi emosi tadi ternyata disebabkan oleh hormon serotonin dalam tubuh. Makin minim sinar mentari, maka kadar serotonin tubuh pun berkurang sehingga depresi datang melanda.

6. Mengurangi risiko kanker

Dalam kadar yang tepat dan waktu paparan sesuai anjuran dokter, sinar matahari mampu mencegah beragam jenis kanker. Beberapa kanker yang dapat dihindari dengan rutin berjemur pagi, seperti kanker getah bening, kanker ovarium, kanker usus besar, kanker pankreas sampai kanker prostat.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini