Share
Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Ayo, Gabung Gerakan #Mask4All, Bikin Masker Kain untuk Cegah Corona

Karina Asta Widara , Jurnalis · Selasa 31 Maret 2020 16:41 WIB
https: img.okezone.com content 2020 03 31 620 2191915 ayo-gabung-gerakan-mask4all-bikin-masker-kain-untuk-cegah-corona-D7oW78RRNM.jpg
A A A

Di tengah langka dan mahalnya masker yang sesuai standar kesehatan, banyak masyarakat yang memutuskan untuk menggunakan masker kain yang harganya jauh lebih terjangkau.

Di beberapa bagian negara Eropa bahkan banyak orang mengajak masyarakat untuk menggalakan gerakan gerakan #Mask4All melalui media sosial pribadi mereka.

Memang banyak video yang bermunculan saat ini, tapi video ajakan menggunakan masker dari gadis Ceko ini langsung menjadi viral. Apa yang membuatnya istimewa?

Ditilik dari gambarnya memang biasa saja, ia duduk dan menjelaskan kemudian diinsert dengan info grafis dan bebeapa visual gambar kegiatan warga Ceko sedang menjahit masker. Tapi pembawaannya yang tenang dan menunjukkan bahwa ia sangat memahami apa yang ia sampaikan membuat penjelasannya menarik untuk disimak.

Yang sangat menginspirasi, gadis asal Republik Ceko mengajak maskayarakat luas baik aktris, influencer dan yang lainnya untuk menyebarkan kabar ini melalui social media.

(Baca Juga : Waspada Corona COVID-19, Muncul Masker Bling-Bling Keren)

"Beberapa hari yang lalu, banyak yang menertawakan mereka menggunakan masker. Tapi banyak juga yang tahu, efek positif dari penggunaan masker dan menyebarkan kabar ini melalui seocial media," katanya dalam unggahan videonya.

Kemudian pesan tersebut menyebar dengan cepat melalui aktris, influencer dan masyarakat lainnya untuk memberikan pesan postif dan saling berbagi.

"Saya tahu masker hilang di pasaran. Tapi hal yang menakjubkan terjadi. Orang -orang mulai membuat masker sendiri dan memberikan kepada orang lain secara gratis," paparnya.

(Baca Juga : Kontroversi Masker Trendi Mahal di Tengah Pandemi COVID-19)

Di beberapa bagian negara di Eropa bahkan banyak perusahaan, teater dan pensiunan mengubah tempat tinggal mereka menjadi ruang jahit dan ribuan orang mulai membuat masker di rumahnya masing-masing. "Dan sekarang kita tahu bahwa masker kain itu bermanfaat dan berulang kali dikonfirmsasi oleh para ilmuwan," tuturnya.

(Baca Juga : Wabah COVID-19 Merebak, Masker Jadi Tren Fashion Para Influencer)

Republik Ceko membuktikan hanya dalam waktu tiga hari mereka mampu menyediakan masker bagi 10 juta orang di negaranya dengan membagikannya secara gratis. Hal tersebut tentu sama dengan mereka mampu dan berhasil menekan infeksi pada 10 juta orang di negaranya. Maka dari itu melalui gerakan #Mask4All banyak orang membagikan fotonya sambil menggunakan masker.

(Baca Juga : Heboh Masker Louis Vuitton untuk Atasi COVID-19)

"Silahkan sebarkan informasi ini dan bantu untuk mengubah negara sebanyak mungkin dengan foto menggunakan masker dan bagikan dengan tagar #masks4all. Ini bisa menyelamatkan nyawa. Dan ingat, saya melindungi kamu dan kamu melindungi saya dan kita semua aman," tutup gadis tersebut di dalam videonya yang sedang menjadi viral.

Follow Berita Okezone di Google News

(ful)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini