Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Cara Mudah Menjaga Paru-Paru Tetap Sehat Saat Pandemi COVID-19

Karina Asta Widara , Jurnalis · Jum'at 03 April 2020 10:10 WIB
https: img.okezone.com content 2020 04 03 620 2193412 cara-mudah-menjaga-paru-paru-tetap-sehat-saat-pandemi-covid-19-1Hih8AJ0Ts.jpg

Sadar ataupun tidak, banyak masyarakat awam kini mulai menyadari pentingnya menjaga kesehatan tubuh khususnya paru-paru untuk melindungi diri dari COVID-19.

Pasalnya, saat seseorang terjangkit COVID-19 gejala awal mirip dengan flu biasa dan bisa menjadi lebih parah karena penyakit ini secara langsung menyerang paru-paru, sehingga membuat Anda sangat sulit bernapas.

Fakta ini membuat semua orang khawatir tentang kesehatan paru-paru mereka. Orang-orang kini mencari cara untuk meningkatkan kekebalan tubuh mereka dan menjaga paru-paru tetap sehat.

Bagaimanapun, paru-paru yang sehat adalah mekanisme pertahanan sistem kekebalan tubuh kita. Dilansir dari laman Healtylife, ternyata ada cara mudah yang bisa Anda lakukan untuk menjaga paru-paru tetap sehat lho. Penasaran? Simak ulasan berikut ini:

1. Berhenti Merokok

Semua orang sudah mengetahui jika merokok tidak hanya dapat menganggu kesehatan paru-paru, tapi juga dapat meningkatkan risiko kanker paru-paru. Perlu diingat, faktanya merokok banyak dikaitkan dengan sebagian besar penyakit paru-paru seperti asma, fibrosis paru idiopatik dan penyakit paru-paru lainnya.

(Baca Juga : COVID-19 Ancam Vaper, FDA Didesak Larang Rokok Elektronik)

Berhenti merokok menjadi satu-satunya jalan terakhir untuk menjaga paru-paru tetap sehat. Setiap kali Anda merokok dan menghirup ribuan bahan kimia seperti nikotin, karbon monoksida, sama saja Anda sedang memasukan racun ke dalam tubuh Anda.

2. Berolah Raga

Cara kedua yang bisa Anda lakukan adalah dengan berolahraga teratur untuk menjaga paru-paru tetap sehat. Ketika Anda berolahraga, jantung akan berdetak lebih cepat dan paru-paru Anda akan bekerja lebih keras.

(Baca Juga : Teknologi VR Tampilkan Kerusakan Paru-Paru Pasien Virus Corona)

Dengan kata lain, tubuh kemudian membutuhkan lebih banyak oksigen yang masuk untuk mengisi otot Anda. Lalu, paru-paru Anda akan meningkatkan aktivitas untuk memberikan oksigen lebih banyak dan mengeluarkan karbon dioksida tambahan, sehingga tubuh mampu menciptakan paru-paru yang kuat dan sehat.

3. Cegah Infeksi dengan Rajin Mencuci Tangan

Cara ketiga yang bisa Anda lakukan adalah menghindari infeksi paru-paru dengan cara tetap menjaga tangan bersih dan steril. Yakni dengan rajin cuci tangan secara teratur dengan air dan sabun, serta hindari menyentuh wajah sesering mungkin ya.

4. Mengambil Napas dalam-dalam

Mengambil napas dalam dalam dapat membantu Anda lebih dekat untuk mencapai kapasitas penuh paru-paru. Ketika Anda perlahan-lahan menarik napas, secara sadar rentangkan perut Anda dengan kesadaran menurunkan diafragma.

(Baca Juga : Ngos-ngosan Saat Berhubungan Intim, Bisa Jadi Tanda Penyakit Paru-Paru)

Kemudian rentangkan tulang rusuk, memungkinkan tulang rusuk yang terbuka untuk membuka seperti sayap. Akhirnya, biarkan dada bagian atas mengembang dan mengangkat.

Setelah itu, buang napas selengkap mungkin dengan membiarkan dada jatuh, kemudian berkontraksi tulang rusuk dan bawa otot perut masuk dan naik untuk mengangkat diafragma dan mengeluarkan sedikit udara terakhir.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini