Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Kehebohan Dalgona Coffee Bikin Penasaran Orang dari Rumah ke Rumah

Dewi Kania, Jurnalis · Selasa 07 April 2020 00:07 WIB
https: img.okezone.com content 2020 04 06 620 2195149 kehebohan-dalgona-coffee-bikin-penasaran-orang-dari-rumah-ke-rumah-YbldEJLWj4.jpg Dalgona Coffee (Foto: Instagram @Martha_jim)

Kreasi minuman kopi seakan tak ada habisnya dari masa ke masa. Sepekan belakangan, orang-orang heboh dengan dalgona coffee, kopi kekinian yang membuat siapapun ingin menjajal.

Berawal dari sajian minuman kopi dingin di tayangan reality show Korea, dalgona coffee menjadi pelepas dahaga. Terlebih akibat imbauan pemerintah untuk tidak keluar rumah di tengah pandemi virus corona COVID-19, orang jadi sulit untuk ngopi cantik di kafe.

Jadilah kini dalgona coffee menjadi minuman pelepas dahaga di rumah saja. Anda pun bisa membuat dalgona coffee seperti di coffee shop langganan.

Sebelum mencoba buat di rumah, Anda harus mengenal dari mana asal kopi kekinian ini. Ya, dalgona coffee pertama kali terlihat pada sebuah episode Pyunstorang, sebuah acara TV Korea.

(Baca Juga : Asal Usul Kopi Dalgona yang Lagi Hits, Ternyata dari Reality Show Korea)

Para selebriti berlomba untuk mengembangkan resep baru, yang pada akhirnya akan memasuki toko serba ada sebagai produk resmi. Salah seorang selebriti, Jung II-woo, diklaim sebagai pencetus nama dalgona coffee. Sebelumnya, dia memang pernah mencicipi minuman ini saat berkunjung ke Macau, beberapa waktu lalu.

Setelah dalgona coffee viral, dari rumah ke rumah, semua orang ribut ingin menjajal kesegaran dalgona coffee. Dinginnya es batu yang dituang susu segar full cream, dengan tambahan topping krim kopi yang berjuluk dalgona.

(Baca Juga : Kreasi Resep Dalgona Coffee Biskuit)

Basic dalgona coffee berbentuk seperti whipped cream itu dibuat dari bubuk kopi hitam tanpa ampas, dicampur dengan gula pasir dan sedikit air panas. Kemudian dikocok sampai mengental, bisa menggunakan mixer, food processor, juga alat pengocok manual.

Butuh waktu tidak lebih dari lima menit untuk membuat basic dalgona coffee ini. Bahkan jika wadahnya dituang, krim dalgona coffee itu tidak jatuh loh.

Sayangnya, untuk membuat basic dalgona coffee sendiri gampang-gampang susah. Tak semua orang berhasil membuatnya jika tekniknya tidak tepat.

Menariknya, berdasarkan temuan Okezone, di pasaran sendiri bahan dasar dalgona coffee dari bubuk kopi hitam tanpa ampas itu sulit ditemui. Di minimarket maupun pasar tradisional ludes.

Nah, kalau kebetulan Anda mengalami hal sama, tak usah khawatir untuk membuat minuman dalgona ini. Anda bisa menggantinya dengan bubuk susu cokelat atau bubuk teh hijau. Sama-sama nikmat dan cara membuat krim basic-nya juga sama kok.

(Baca Juga : Resep Dalgona Coffee Viral, Teman Nonton Drama Korea di Sela WFH)

Atau kalau bosan dengan dalgona coffee ice, Anda bisa membuat dessert dalgona coffee. Anda bisa membuat mouse dalgona coffee sebagai hidangan penutup atau camilan di sela WFH.

Cara membuat krim dalgona coffee-nya sama, hanya saja Anda harus membuat basic mouse dessert dengan tepung maizena, krimer kental manis, juga susu segar yang dimasak di panci dengan api kecil sedang.

Keduanya sama-sama enak dan Anda harus mencobanya. Namun di antara dua pilihan sajian dalgona coffee itu, Anda tim dalgona coffee ice atau dalgona coffee dessert ya?

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini