Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Riza Patria Akhiri 20 Bulan Masa "Jomblo" Anies Baswedan

Tim Okezone, Jurnalis · Rabu 15 April 2020 20:08 WIB
https: img.okezone.com content 2020 04 15 620 2199777 riza-patria-akhiri-20-bulan-masa-jomblo-anies-baswedan-7werlvC4hE.jpg Ahmad Riza Patria saat dilantik jadi Wagub DKI oleh Presiden Jokowi di Istana Negara, Jakarta (Foto Setkab)

JAKARTA – Ahmad Riza Patria sudah resmi jadi Wakil Gubernur DKI usai dilantik oleh Presiden Jokowi di Istana Negara, Jakarta, Rabu (15/4/2020) siang. Kini, rakyat Ibu Kota menanti gebrakan sang politikus Partai Gerindra.

Riza Patria akan mengisi kekosongan kursi Wagub DKI sejak ditinggalkan Sandiaga Uno yang mundur untuk maju Pilpres 2020 mendampingi Prabowo Subianto, tapi kalah dari Jokowi-KH Ma’ruf Amin.

Sandi mundur dari Wagub DKI pada 10 Agustus 2018. Praktis selama 20 bulan itu, Jakarta tak ada wagub. Gubernur Anies Baswedan jomblo alias tak punya pendamping, memimpin Jakarta sendiri.

Baca juga: Jokowi Lantik Riza Patria Jadi Wagub DKI

Kursi Wagub DKI sempat digadang-gadang diisi oleh kader PKS karena sudah merelakan Sandi bersanding dengan Prabowo yang sama-sama dari Gerindra di Pilpres lalu, namun belakangan PKS gigit jari karena jatahnya direbut kembali oleh mitra koalisinya itu.

Pada Pemilihan Wagub Jakarta digelar tertutup di DPRD DKI, Senin 6 April 2020, Riza Patria menang telak dengan 81 suara, mengalahkan Nurmansjah Lubis dari PKS yang hanya kebagian 17 suara.

Riza Patria diresmikan sebagai pendamping Gubernur Anies Baswedan hingga berakhirnya masa jabatan pada 2022. Anies kini tak jomblo lagi.anies baswedan

Riza selepas dilantik oleh Jokowi mengatakan, siap membantu Anies menuntaskan visi, misi, dan program yang sudah dituangkan dalam Rancangan Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Jakarta.

Kemudian membantu melawan wabah virus corona atau Covid-19 yang penyebarannya sangat signifikan di Ibu Kota dengan total kasus warga yang positif terinfeksi 2.447 orang per Rabu sore dan 246 orang di antaranya meninggal.

“Saya sampaikan pada Pak Presiden, saya akan patuh dan taat pada peraturan pemerintah pusat dan daerah dalam rangka melaksanakan tugas-tugas saya sebagai Wakil Gubernur," katanya.

“Kami akan melaksanakan peraturan perundang-undangan juga terkait PSBB yang ada. Mudah-mudahan kami bisa menangani virus corona dengan baik."

Baca juga: PSBB Belum Efektif, Jalanan Ibu Kota Masih Ramai

Kamis 16 April besok, Riza Patria mulai berkantor di Balai Kota DKI. Dia akan bertemu secara resmi dengan Anies dan jajaran Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) sekaligus mendengar program-program yang harus dituntaskan.

Sementara Ketua DPRD DKI Prasetyo Edi Marsudi meminta Riza Patria melihat langsung warga miskin terdampak Covid-19, untuk memastikan penanganan dan distribusi bantuan sosial terhadap mereka.

"Apa yang mereka butuhkan, tolong sentuh langsung. Bantuan yang diberikan awasi distribusinya,” ujar politikus PDI Perjuangan itu.

Prasetyo juga meminta Riza Patria sering turun ke masyarakat. “Karena memang masalah itu adanya di lapangan, bukan di dalam kantor."

(Reporter: Fakhrizal Fakhri, Fahreza Rizky) 

(sal)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini