Share
Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Humor Santri: Pakai Sarung, Santri Indonesia Dikira Jimak

Mohammad Saifulloh, Jurnalis · Kamis 16 April 2020 12:54 WIB
https: img.okezone.com content 2020 04 16 620 2200063 humor-santri-pakai-sarung-santri-indonesia-dikira-jimak-iSbHlq3tFo.jpg Ilustrasi Pakai Sarung, Santri Indonesia Ditertawakan (Foto: Koran Sindo)
A A A

SANTRI selalu akrab dengan kostum kain sarung. Sampai-sampai ada sebutan lain buat santri, yakni kaum sarungan.

Keakraban dengan sarung tadi ditunjukkan oleh seorang mahasiswa Universitas al-Azhar asal Indonesia. Sehari-hari ia selalu memakai sarung ketika berjalan-jalan di sekitar Kota Thanta, Mesir maupun ketika ke kampus.

Penampilan mahasiswa ini tak ayal menjadi pusat perhatian semua orang. Mereka berbisik-bisik sambil memandangi si pemuda. Ada pula yang sampai tertawa terbahak-bahak.

"Belum mandi junub sudah keluyuran ke pasar!" teriak salah satu dari mereka.

Si pemuda sebenarnya merasa risih, tapi ia tetap cuek karena menggenggam pesan dari sebuah tausiyah KH. Maimoen Zubair yang pernah didengarnya, "Mengikuti kebiasaan kaum Muslimin itu penting. Contohnya sarung yang sejarahnya dari Birma atau Myanmar. Tapi sekarang jadi pakaiannya kiai dan santri. Ya, nggak usah nanya dalilnya. Masak mau pakai sarung nyari dalil dulu?" lanjut Mbah Moen.

Maka, tradisi sarungan sudah dianggap jati diri oleh si pemuda. Namun, saat di negeri orang kelakuannya menyalahi tradisi setempat.

Sampai kemudian dosennya yang seorang profesor menghampiri. "Kamu kalau kemana-mana pakai celana. Saya tahu kalau di Indonesia sarung adalah pakaian tholabul 'ilmi (belajar)-nya santri. Tapi kalau di sini itu pakaian jimak (berhubungan badan)," kata sang profesor.

*Diadaptasi dari buku Humor Para Kiai: Menebar Tawa Menuai Hikmah karya Chalis Anwar

Follow Berita Okezone di Google News

(ful)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini