Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Berita Baik: Ditemukan Senyawa Anti Virus yang Bisa Melawan COVID-19

Wilda Fajriah, Jurnalis · Kamis 16 April 2020 13:53 WIB
https: img.okezone.com content 2020 04 16 620 2200107 berita-baik-ditemukan-senyawa-anti-virus-yang-bisa-melawan-covid-19-ApMqkPL0RC.jpg

Di tengah pandemi virus Corona Covid-19 yang masih menyerang kita, ada berita baik hari ini yang didapat Okezone dari press release Pfizer, perusahaan farmasi yang sudah mendunia.

Para peneliti dan ilmuwan bekerja tanpa henti mengembangkan senyawa antivirus untuk mengobati SARS-CoV-2, yang menyebabkan pandemi infeksi virus Corona saat ini (COVID-19), yaitu sebuah vaksin untuk mencegah infeksi, serta mengevaluasi terapi lain yang berpotensi membantu pasien terinfeksi untuk melawan virus tersebut.

"Kami berkomitmen untuk membuat yang tidak mungkin menjadi mungkin," kata Dr. Albert Bourla, Chairman dan CEO Pfizer.

(Baca Juga : 80% Pasien COVID-19 di AS Meninggal Usai Pakai Ventilator)

“Sesuai dengan rencana Pfizer, kami akan menghadapi tantangan kesehatan masyarakat saat ini melalui kerja sama dengan mitra industri dan lembaga akademik untuk mengembangkan pendekatan baru yang berpotensi untuk mencegah dan mengobati COVID-19. Para peneliti dan ilmuwan kami juga telah mengeksplorasi potensi obat-obatan yang sudah ada dalam portofolio kami untuk membantu pasien yang terinfeksi di seluruh dunia. Kami mengerahkan seluruh daya upaya yang ada untuk memberikan pengobatan atau penyembuhan kepada masyarakat.”

(Baca Juga : Pesona Dokter Cantik Stella Arzsa, Siap Ajak Kamu Berjuang Lawan Corona COVID-19)

Perusahaan farmasi ini juga membagikan berita baik tentang skrining senyawa anti-virus mereka memastikan adanya penemuan senyawa dan analog yang potensial penghambat SARS-CoV-2 3C-like (3CL) protease berdasarkan hasil skrining awal.

Selain itu, data awal tersebut juga menemukan bahwa agen penghambat protease (jenis enzim yang diperlukan untuk memecah protein) menunjukkan adanya aktivitas anti-virus terhadap SARS-CoV-2.

(Baca Juga : Waspada, Kulit Gatal dan Memerah Bisa Jadi Gejala COVID-19 yang Tak Terdeteksi)

Berita baik lainnya, perusahaan farmasi ini bersama dengan BioNTech akan segera lakukan uji klinis bersama terhadap kandidat vaksin COVID-19 yang pada awalnya dilakukan di Amerika Serikat dan beberapa lokasi penelitian di Eropa dan selanjutnya menyebar di berbagai pusat penelitian di dunia. Uji klinis tersebut paling cepat akhir April 2020. Semoga vaksin untuk melawan Covid-19 bisa segera ditemukan sehingga pandemi ini bisa segera berakhir ya, Okezoners!

(ful)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini