Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

3 Kisah Artis Berpuasa Pertama di Tengah Pandemi Corona

Lintang Tribuana, Jurnalis · Jum'at 24 April 2020 20:28 WIB
https: img.okezone.com content 2020 04 24 620 2204486 3-kisah-artis-berpuasa-pertama-di-tengah-pandemi-corona-UNu8FvJVtj.jpg Tiara Andhini (Foto: Instagram)

JAKARTA - Masyarakat muslim hari ini mulai memasuki bulan suci Ramadhan 1441 Hijriah. Yang berbeda tahun ini, puasa wajib ini dimulai di tengah pandemi corona. Sejumlah aktivitas pun dilakukan berbeda di tahun ini, mulai dari ibadah sholat tarawih hingga berbuka puasa bersama pun sepertinya tidak bisa dilakukan di luar rumah.

Menteri Agama (Menag) Fachrul Razi mengatakan, bulan suci Ramadhan 1441 Hijriah bertepatan pada Jumat 24 April 2020 dan dilaksanakan dengan penyesuaian karena di tengah virus pandemi corona.

"Ramadhan kali ini di saat pandemi banyak hal yang harus kita seusaikan. Meski di tahun ini kita tak bisa buka bersama, tadarus bersama, tarawih bersama di masjid, namun hal itu tak boleh mengurangi semangat kita memanfaatkan Ramadhan," kata Menag Fachrul saat mengumumkan puasa 1 Ramadhan jatuh pada 24 April 2020.

Artis pun harus menyesuaikan aktivitasnya dalam menyambut bulan suci ramadhan. Mereka tidak bisa lagi leluasa dan wajib mengikuti aturan pemerintah untuk tetap beraktivitas di dalam rumah. Apa saja kerinduan saat menjalankan puasa kali ini?

Tiara Andhini 

1. Tiara Andini

Tiara Andhini bercerita ia mengaku selalu menunggu momen sholat tarawih bersama teman-temannya setiap bulan suci Ramadhan. Sayangnya, runner up Indonesian Idol 2020 itu harus menelan kekecewaan sehubungan dengan kebijakan pemerintah yang menutup tempat ibadah untuk memutus rantai COVID-19.

"Wah, aku kalau enggak ada pandemi corona, sudah enggak sabar ingin tarawih sama teman-teman," ungkap Tiara Andhini dalam live Instagram bersama Okezone.

Tidak hanya itu, Tiara Andhini harus mengurungkan niatnya untuk mudik ke kampung halamannya di Jember, Jawa Timur di tahun ini. "Tetap di rumah ini demi kita semua, biar cepat putus mata rantai COVID-19," pungkasnya.

2. Verrell Bramasta

Verrell Bramasta 

Verrell Bramasta mengaku di musim Ramadhan dirinya dan keluarga memiliki tradisi untuk bisa berkumpul bersama. Sayangnya, di tengah pandemi corona ini tradisi keluarga tersebut tidak bisa dilakukan.

"Ya yang pasti kepenginnya seperti tahun-tahun sebelumnya. Rencana kita kumpul sama keluarga, sama sahabat-sahabat. Selain itu, kebiasaan tahun-tahun sebelumnya kita banyak acara sama keluarga, terus bagi-bagiin kayak makanan, cemilan, keliling-keliling," kenangnya.

Meski sangat ingin melakukan aktivitas berkumpul saat Ramdhan, Varrell Bramasta tetap mematuhi imbauan pemerintah untuk tetap physical distancing. "Dengan kondisi seperti ini yang pasti itu harus dipendam dulu mungkin ya, rencana seperti itu," pungkasnya.

 Irma Darmawangsa

3. Irma Darmawangsa

Irma Darmawangsa menyambut gembira datangnya bulan suci Ramadhan. Dengan aktivitas di rumah, Irma mengaku dapat fokus untuk menjalankan ibadah dengan maksimal.

“Selagi di rumah ya saya sama keluarga menerapkan untuk lebih banyak beribadah di bulan Ramadhan ini. Kan kita bisa lebih khusyuk beribadah,” kata sang pedangdut.

"Untuk tarawih pun mungkin nanti saya akan berjamaah di rumah saja. Kan kita sementara ini enggak boleh tarawih di tempat ibadah di luar. Intinya semua kegiatan kita lakukan di rumah saja,” tutur Irma Darwangsa kepada Okezone.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini