Share
Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

3 Perbuatan yang Membuat Puasa Ramadhan Sia-Sia

Abu Sahma Pane, Jurnalis · Jum'at 08 Mei 2020 11:47 WIB
https: img.okezone.com content 2020 05 08 620 2210938 3-perbuatan-yang-membuat-puasa-ramadhan-sia-sia-TzJggRWYjG.jpg Ilustrasi. Foto: Shutterstock
A A A

SETIAP Muslim yang menjalankan puasa Ramadhan tentu berharap mendapat pahala dari Allah SWT. Hanya saja sebagian hanya mendapatkan lapar dan haus saja dari ibadah tersebut lantaran perbuatannya sendiri.

Dikutip dari laman JATMAN pada Jumat (8/5/2020), puasa Ramadhan memang bukan sekadar menahan tidak makan dan minum, namun juga menahan diri dari perbuatan yang membuat puasa itu tanpa pahala.

Rasulullah SAW dalam suatu hadits bersabda, “Betapa banyak orang yang berpuasa namun dia tidak mendapatkan apa-apa dari puasanya kecuali rasa lapar dan dahaga.” (HR. Thabrani).

Oleh karena itu berhati-hatilah dengan tiga perbuatan ini karena bisa membuat puasa Anda sia-sia:

1.Berkata Kotor

Puasa adalah pendidikan bagi seorang Muslim agar menjadi manusia positif, baik pikiran, perkataan serta perbuatan.

“Puasa bukanlah hanya menahan makan dan minum saja. Akan tetapi, puasa adalah dengan menahan diri dari perkataan sia-sia (lagwu) dan kotor (rofats). Apabila ada seseorang yang mencelamu atau berbuat usil padamu, katakanlah padanya, “Aku sedang puasa, aku sedang puasa”. (HR. Ibnu Majah dan Hakim).

Baca Juga: Suka Duka WNI Puasa Ramadhan 21 Jam Lebih di Finlandia

Di era disrupsi teknologi seperti saat ini, orang dengan mudah mengeluarkan kata-kata kotor, bukan dari mulutnya tapi dengan jari-jarinya, misalnya ketika menanggapi komentar-komentar di media sosial.

2.Berbuat Maksiat

Level puasa yang paling rendah adalah menahan dari makan, minum, dan hal lain yang membatalkan. Sementara perbuatan maksiat seperti menyakiti atau berbuat zalim terhadap orang lain, menggosip atau ghibah, bertransaksi dengan tidak jujur, tetap saja dilakukan.

Jabir bin Abdillah memberikan nasihat, “Jika kamu berpuasa, hendaknya pendengaranmu, penglihatanmu, dan lisanmu juga ikut berpuasa. Jangan kamu jadikan hari puasamu dan hari lain ketika tidak berpuasa sama saja.”

Sementara ulama berpendapat, secara syariat tidak batal puasa orang yang berkata dusta, berkata sia-sia dan kotor, serta tetap berbuat maksiat. Hanya saja ia tidak mendapatkan pahala puasa tersebut. Artinya, puasanya sia-sia.

Baca Juga: Doa agar Tak Jadi Kaum Rebahan saat Puasa Ramadhan

Pun begitu, ia tidak mendapatkan esensi serta tujuan dari puasa itu sendiri, yakni membentuk pribadi-pibadi yang muttaqin. Sayang, kan?

3.Berbohong

Salah satu esensi dari ibadah puasa itu sendiri adalah melatih kejujuran. Orang yang berpuasa tidak makan dan minum walaupun berada di suatu tempat yang tidak ada orang lain bersamanya, sebab ia jujur kepada Allah dan dirinya.

Rasulullah Saw bersabda, “Barangsiapa yang tidak meninggalkan perkataan dusta (qaul az-zuur) dan malah melakukannnya, maka Allah tidak butuh dengan lapar dan hausnya,” (HR. Bukhari).

Dalam hadits itu disebutkan, salah satu yang membuat puasa sia-sia adalah qaul az-zuur.

Menurut Imam As-Suyuthi, qaul az-zuur adalah berkata bohong atau dusta, termasuk di dalamnya menfitnah.

Baca Juga: Keistimewaan Puasa Ramadhan saat Pandemi Corona COVID-19

Follow Berita Okezone di Google News

(abp)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini