Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

McDonald's Sarinah yang Penuh Kenangan Tutup Permanen, Ini Faktanya

Giri Hartomo, Jurnalis · Sabtu 09 Mei 2020 14:32 WIB
https: img.okezone.com content 2020 05 09 620 2211498 mcdonald-s-sarinah-yang-penuh-kenangan-tutup-permanen-ini-faktanya-32K75iCREy.jpg Mcd Sarinah (Foto: Okezone)

JAKARTA - McDonald's merupakan fastfood kegemaran dan telah menjadi tempat berkumpul para masyarakat terutama di Indonesia. Bahkan, gerai-gerainya punn selalu jadi tempat 'tongkrongan' bagi anak muda.

Namun, baru-baru ini terdengar kabar bahwa gerai pertama McDonald's yang bertempat di Sarinah, Thamrin akan ditutup permanen. Padahal, gerai tersebut menampung banyak kenangan bagi masyarakat Indonesia sejak 1991.

Oleh sebab itu, Jakarta, Sabtu (9/5/2020), berikut fakta-fakta mengenai penutupan permanen gerai McDonald's Sarinah yang bersejarah:

 Baca juga: Tutup per 10 Mei, McDonald's: Permintaan Manajemen Sarinah

1. McDonald's Sarinah, Thamrin Jadi Gerai Pertama di Indonesia

McDonald's Sarinah, Thamrin merupakan gerai pertama di Indonesia. Mulai beroperasi sejak 14 Februari 1991.

McDonald's Sarinah pun telah mengalami berbagai perubahan dari waktu didirikan. Hingga saat ini, gerai tersebut semakin elegan dan lebih milenial dengan pendukung fasilitas teknologinya.

 McDonalds Sarinah

2. Ditutup Permanen 10 Mei 2020 Pukul 22.05 WIB

Gerai McDonald's di Sarinah, Thamrin akan ditutup pada 10 Mei 2020 pukul 22.05 WIB. Adapun permintaan penutupan disampaikan melalui surat yang diberikan pada 30 April 2020.

"Kami mengucapkan terima kasih untuk segala momen kebersamaan yang tak akan terlupakan," tulis Manajemen McDonald's.

 Baca juga: Kontrak Sewa McDonald's di Sarinah hingga Tahun Depan, Kok Ditutup?

3. McDonald's Sarinah Hampir 30 Tahun Berdiri

McDonald's Sarinah merupakan gerai McDonald's pertama yang dibuka di Indonesia. Dibuka pada 14 Februari 1991, McDonald's Sarinah Thamrin sudah beroperasi hampir 30 tahun.

4. Bukan Bangkrut, Penutupan McDonald's Atas Permintaan Manajemen Sarinah

Penutupan gerai pertama di Indonesia ini ternyata bukan karena McDonald's bangkrut. Penutupan McDonald's merupakan permintaan dari manajemen Gedung Sarinah. Adapun permintaan penutupan disampaikan melalui surat yang diberikan pada 30 April 2020.

"Mereka akan melakukan renovasi dan perubahan bisnis. Dengan sangat berat hati kami akan menutup McDonald's Sarinah Thamrin," tulis akun Instagram McDonald's Indonesia.

 Baca juga: Keluar dari Sarinah, McD Cari Lokasi Strategis Buka Gerai Baru

5. Nasib Karyawan McDonald's Sarinah, Thamrin

Direktur Marketing Communications, Digital dan CBI McDonald’s Indonesia, Michael Hartono mengatakan, dengan ditutupnya restoran McDonald’s Sarinah Thamrin ini, McDonald’s memastikan seluruh karyawan yang selama ini bekerja di restoran tersebut akan tetap mempertahankan pekerjaannya. Serta, direlokasi ke berbagai restoran McDonald’s lainnya.

“Kami mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada semua konsumen setia kami yang telah bersama-sama membesarkan McDonald’s Sarinah Thamrin dan menciptakan berjuta kenangan manis bersama kami di sana. Bagi kami, tentu peristiwa ini memiliki kesan yang sangat mendalam karena sejarah, kenangan dan perayaan berbagai peristiwa penting yang selalu bertempat di McDonald’s Sarinah," ujar Michael Hartono.

6. Kontrak Sewa McDonald's Baru Habis Tahun Depan, Tapi 10 Mei 2020

Associate Director of Communications McDonald's Indonesia Sutji Lantyka mengatakan, pihaknya menerima surat resmi untuk menutup gerai secara permanen dari manajemen Sarinah, Kamis 30 April 2020.

"Kita diminta untuk segera meninggalkan Sarinah karena manajemen Sarinah mau melakukan renovasi gedung," ujarnya, saat dihubungi Okezone.

Padahal, kata Sutji, McD di Sarinah masih memiliki kontrak sewa hingga tahun depan. Namun, berdasarkan surat manajemen tersebut, McD diminta untuk segera meninggalkan Sarinah.

"Kami masih ada waktu kontrak sewa hingga tahun depan," ujarnya.

7. Bukan Pertama Kali Diusir di Sarinah

Ternyata ini bukan pertama kalinya McD didepak dari Sarinah. Kejadian serupa pernah terjadi pada 2009.

McDonald’s sempat meninggalkan Sarinah Thamrin pada tahun 2009 lalu berhasil kembali lagi ke Sarinah Thamrin pada tahun 2011 melalui proses tender.

Saat itu, McD harus pergi dari Sarinah karena konflik antara Bambang Rachmadi yang dulunya merupakan brand developmental license McDonald's. Bambang Rachmadi tidak terima digantikan oleh PT Rekso Nasional Food, yang merupakan bagian dari Grup Sosro (Rekso). Akhirnya, Bambang mendirikan ToniJack's di Sarinah, bekas gerai McDonald's.

Sayangnya keberadaan ToniJack’s di Sarinah tidak lama. Gerainya di Sarinah tutup pada 2010. Setelah ToniJack’s bangkrut, McDonald's kembali menempati tempat yang sama itu, yakni dipojok dekat perempatan Sarinah, Jalan Thamrin.

8. Cari Gerai Pengganti Sarinah, Thamrin

McDonald’s Indonesia akan mencari lokasi strategis lainnya pasca ditutupnya restoran McDonald’s di Sarinah Thamrin.

McDonald’s Indonesia akan menutup restoran di Sarinah Thamrin secara permanen pada hari Minggu, 10 Mei 2020 pukul 22.05 WIB.

"Kami akan terus berusaha memberikan yang terbaik kepada konsumen kami dan mencari lokasi-lokasi strategis yang lain,” ujar Direktur Marketing Communications, Digital dan CBI McDonald’s Indonesia, Michael Hartono dalam keterangan tertulisnya.

9. McDonald's Sarinah, Thamrin Simpan Kenangan Masyarakat Indonesia

Hastag #McD Sarinah pun menjadi trending topic di Twitter. Berikut reaksi netizen di Twitter merespons tutupnya McD Sarinah, McD pertama dan tertua di Indonesia seperti dikutip Okezone.

"Trus sekarang McDonalds Sarinah bakal tutup for good. Huhuhu, sedih ya, banyak cerita dari bocah piyik, smp, sampe kuliah dan kerja dan nongkrong hore ya di McD Sarinah 😢 apalagi maen bebancian duh gada matinya deh," tulis akun @d****y.

McD Sarinah juga merupakan salah satu tempat nongkrong anak muda di Jakarta hingga larut malam.

"McD Sarinah mau tutup ya? Hmm baiklah, saatnya mengucap salam perpisahan.. Makasih yaaa memorinya. Well, ini jd salah satu tempat gw ngebucin sama pacar gw dulu. Salah satu McD yg asik juga buat nongkrong kalo abis keliling Jakarta pake bis tingkat," tulis akun @ale******p_15

Selain itu, McD Sarinah juga sebagai tempat melakukan pertemuan dengan mitra kerja, sebab posisinya sangat strategis di tengah pusat bisnis Jakarta.

Bahkan netizen lain menyebut tutupnya McD Sarinah mengagetkan karena banyak kenangan.

"McD Sarinah tutup banyak bgt yg sedih soalnya orang2 banyak kenangan disitu woi," tulis akun @MI*****P.

10. Manajemen Ucapkan Terima Kasih Akan Momentum Kebersamaan di Sarinah

Gerai McDonald's di Sarinah akan ditutup per 10 Mei 2020. Gerai tersebut merupakan yang paling ikonik karena paling tua dan berada di jantung Ibu Kota.

"Dengan sangat berat hati kami akan menutup pintu McDonald's Sarinah Thamrin secara permanen mulai Minggu 10 Mei 2020 jam 10:05 malam. Kami mengucapkan banyak terima kasih untuk segala momen kebersamaan yang tak akan terlupakan," demikian seperti dikutip dari akun Instragram McD.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini