Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Kepala IOC Sebut Olimpiade Akan Dibatalkan jika Gagal Digelar pada 2021

Djanti Virantika, Jurnalis · Kamis 21 Mei 2020 16:53 WIB
https: img.okezone.com content 2020 05 21 620 2217613 kepala-ioc-sebut-olimpiade-akan-dibatalkan-jika-gagal-digelar-pada-2021-8gpfqQscSO.jpg Olimpiade Tokyo 2020. (Foto: Reuters)

LAUSANNE – Ketua Komite Olimpiade Internasional (IOC), Thomas Bach, mengatakan Olimpiade Tokyo harus dibatalkan jika acara tidak dapat diadakan pada tahun depan karena krisis Covid-19. Sebab, ia menilai tidak mungkin mengubah jadwal olahraga di seluruh dunia dalam jangka waktu yang lebih panjang.

Penyelenggaraan Olimpiade 2020 memang dipastikan tertunda akibat merebaknya virus corona. Pesta olahraga multievent terbesar di dunia ini pun harus diundur selama setahun sehingga baru akan digelar pada Juli 2021.

Olimpiade 2020

Tetapi, kondisi yang belum benar-benar kondusif saat ini akibat merebaknya virus corona membuat beberapa pihak meragukan Olimpiade bisa tetap digelar pada tahun depan. Sejauh ini, virus corona tercatat telah menginfeksi lebih dari 17.100 orang dam menyebabkan 797 kematian di Jepang yang menjadi tempat penyelenggaraan Olimpiade.

BACA JUGA: Meski Olimpiade Tokyo Ditunda, Mo Farah Tetap Yakin Pertahankan Gelar Juara

Beberapa ahli kesehatan di Jepang sendiri sempat menyatakan bahwa Olimpiade sulit digelar jika vaksin belum ditemukan. Mendapati situas ini, Bach mengatakan bahwa IOC akan membatalkan penyelenggaraan Olimpiade jika tahun depan tak bisa digelar.

Tetapi sejauh ini, mereka tetap berkomitmen untuk mengadakan Olimpiade tahun depan. Penyelenggaraan sendiri diketahui harus mempersiapkan berbagai skenario, termasuk karantina atlet.

"Sejujurnya, saya memiliki beberapa pemahaman untuk ini karena Anda tidak dapat selamanya mempekerjakan 3.000 atau 5.000 orang di Komite Penyelenggara. Anda tidak dapat setiap tahun mengubah seluruh jadwal olahraga di seluruh dunia dari semua federasi besar. Anda tidak bisa membuat para atlet dalam ketidakpastian. Apa artinya ini bagi kehidupan di Olympic Village?" ujar Bach, sebagaimana dikutip dari Reuters, Kamis (21/5/2020).

"Semua skenario yang berbeda sedang dalam pertimbangan dan mengapa saya mengatakan ini adalah tugas yang sangat besar karena ada begitu banyak pilihan yang berbeda sehingga tidak mudah untuk mengatasinya sekarang.  Ketika kami memiliki pandangan yang jelas tentang bagaimana dunia akan terlihat pada 23 Juli 2021, maka kami akan mengambil keputusan yang tepat,” tukasnya.

1
2
Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini