Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Asteroid Berpotensi Berbahaya Melintas dekat Bumi Jelang Lebaran

Ahmad Luthfi, Jurnalis · Jum'at 22 Mei 2020 10:03 WIB
https: img.okeinfo.net content 2020 05 22 620 2217831 asteroid-berpotensi-berbahaya-melintas-dekat-bumi-jelang-lebaran-wYSF2VHEeG.jpg (Foto: BGR)

JAKARTA - Asteroid yang diberi nama 136795 (1997 BQ) kabarnya melintas dekat Bumi pada 21 Mei atau jelang lebaran. Batu luar angkasa itu bergerak dengan kecepatan lebih dari tujuh mil per detik saat ia mencapai titik terdekatnya dengan Bumi, dikutip Bgr.

Badan antariksa Amerika Serikat, NASA telah mengawasi dengan cermat asteroid tersebut. Asteroid itu diperkirakan memiliki ukuran diameter hampir satu mil.

Seperti namanya, BQ 1997 pertama kali ditemukan oleh para astronom pada tahun 1997. BQ cukup besar sehingga dapat dilacak, dan seiring waktu orbit Matahari-sentrisnya dipetakan dan disempurnakan.

Istilah "berpotensi berbahaya" kedengarannya cukup menakutkan, tetapi tidak terlalu menakutkan seperti yang mungkin Anda pikirkan. NASA memiliki definisi yang sangat luas tentang apa yang dianggapnya PHA atau asteroid yang berpotensi berbahaya.

Peneliti dapat memprediksi lintasan objek itu dengan tingkat akurasi yang tinggi. Ini memungkinkan peneliti mempersiapkan dampak potensial jauh-jauh hari saat asteroid itu tampak berada di jalur untuk menghantam Bumi.

Kabarnya, jarak terdekat 1997 BQ dengan Bumi hanya sekitar empat juta mil. Itu adalah zona yang bagus, memungkinkan para astronom melihat sekilas batu yang cepat saat melaju.

Dengan ukurannya yang besar, diperkirakan apabila asteroid itu jatuh ke Bumi, itu akan menyebabkan kerusakan yang signifikan. Jika turun ke daerah berpenduduk, korbannya bisa sangat tinggi, dan jika jatuh di lautan itu akan menyebabkan banyak masalah, dari gelombang besar hingga gangguan atmosfer. (AHL)

(wdi)

Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini