Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Pasien Covid-19 di Jatim Melesat Tinggi, Relawan PMI Siap Berjibaku!

Dewi Kania, Jurnalis · Kamis 28 Mei 2020 21:00 WIB
https: img.okezone.com content 2020 05 28 620 2221196 pasien-covid-19-di-jatim-melesat-tinggi-relawan-pmi-siap-berjibaku-9HburCQaTg.jpg Ilustrasi. (Foto: Humas PMI)

WILAYAH Jawa Timur tengah disorot karena jumlah pasien positif Covid-19 melesat tinggi. Bahkan, Jatim disebut-sebut menjadi episentrum baru penularan Covid-19. Pemerintah Provinsi Jawa Timur pun serius menangani pandemi corona ini dan tentunya dibantu dukungan banyak relawan.

Relawan dikerahkan dari berbagai lembaga, termasuk Palang Merah Indonesia (PMI) Pusat, guna mengantisipasi dan mengendalikan penyebaran Covid-19 di Jawa Timur. Para relawan PMI siap berjibaku guna menghentikan penularan Covid-19. Langkah ini pun disambut baik Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa. 

Sekretaris Jenderal (Sekjen) PMI Sudirman Said menjelaskan, keterlibatan relawan tersebut tentu sudah menjadi kesepakatan antara Ketua Gugus Tugas Nasional Covid-19 Letjend Doni Monardo dengan Ketua Umum PMI Jusuf Kalla. Mengingat langkah ini sudah menjadi tugas institusi untuk ikut menurunkan kasus Covid-19.

Baca Juga: Punya Risiko Rendah, Terapi Plasma Konvalesen Jadi Solusi Pasien Covid-19

sudirman

"Kami memperkuat operasi di Jawa Timur karena ada gejala, terutama Kota Surabaya dan sekitarnya menjadi episentrum baru. Ditambah sebagai organisasi pemerintah, kami mendukung masyarakat dan membantu upaya pemerintah mengatasi pandemi Covid-19 ini," ucap Sudirman Said.

Sudirman menambahkan, koordinasi dengan pemerintah provinsi Jawa Timur sangat penting dilakukan agar tepat sasaran. Berbagai rencana juga tengah disiapkan, seperti menyediakan kebutuhan logistik dan kendaraan yang mendukung relawan dalam menghadapi Covid-19.

"Gudang logistik dan posko operasi sedang kami persiapkan," tambahnya.

Adapun jumlah relawan yang diturunkan untuk mengendalikan pandemi Covid-19 di Jawa Timur sedang dikoordinasikan lebih lanjut. Namun saat ini PMI memiliki 1,5 juta relawan, 2.000 di antaranya sudah terlatih.

Para relawan nantinya bekerja sesuai target-target tertentu untuk melawan Covid-19. Ia mencontohkan tugas kecil relawan antara lain: penyemprotan disinfektan secara besar-besaran, sosialisasi physical distancing, serta sosialisasi pola hidup bersih dan sehat (PHBS).

PMI

Baca Juga: Curhat Relawan Corona, Sempat Takut Harus Berada di Zona Merah

"Mereka akan melakukan pembagian kit kesehatan seperti masker dan sabun antiseptik, melakukan penyemprotan, memberikan pelayanan ambulans untuk pasien, hingga pengurusan jenazah Covid-19," tuturnya.

Sementara itu, pakar epidemiologi dr L Aswin Pramono, SpPD, M. Epid menjelaskan peranan relawan dalam membantu melawan Covid-19. Relawan dalam membantu masyarakat juga harus ikut mensosialisasikan pentingnya physical distancing, pola hidup bersih dan sehat di masa Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB).

Hal ini berlaku di semua daerah, termasuk Jawa Timur, dengan angka kasus Covid-19 yang kian bertambah. "Sosialisasi physical distancing dalam situasi PSBB ini di semua sektor; pendidikan, perdagangan/industri, kendaraan umum, tempat umum, mall, restoran, mesti dilakukan,” tegas dr Aswin.

corona

Tak cukup itu, sambung dr Aswin, para relawan juga harus aktif di media sosial dalam melawan corona. Langkah ini juga perlu dilakukan agar mengingatkan masyarakat untuk selalu waspada pada pandemi Covid-19.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini