Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Ramai Menikah di Bulan Syawal Meski Pandemi Covid-19, Kenapa?

Kamis 11 Juni 2020 16:08 WIB
https: img.okezone.com content 2020 06 11 620 2228347 ramai-menikah-di-bulan-syawal-meski-pandemi-covid-19-kenapa-wB1qsZZuS9.jpg ilustrasi (stutterstock)

SYAWAL adalah salah satu bulan dalam kalender Hijriah yang diyakini baik untuk melangsungkan pernikahan. Banyak pasangan mampelai muslim memilih menikah di bulan Syawal seperti sekarang, meski masih pandemi Covid-19. Kenapa?

"Itu karena dahulu Nabi Muhammad menikahi Aisyah RA dibulan ini," kata kata pendakwah Ustadz Kiki Alhaddad beberapa waktu lalu.

Baca juga: Buat yang Mau Taaruf, Perhatikan Ini agar Berhasil Dapat Jodoh

Aisyah RA bercerita bahwa “Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam menikahiku di bulan Syawal, dan membangun rumah tangga denganku pada bulan syawal pula. Maka isteri-isteri Rasulullah Shalallahu ‘alaihi Wassalam yang manakah yang lebih beruntung di sisinya dariku?” (Perawi) berkata, “Aisyah Radiyallahu ‘anhaa dahulu suka menikahkan para wanita di bulan Syawal” (HR. Muslim).

 ilustrasi

Masa jahiliyah dulu, ada kepercayaan di kalangan masyarakat Arab bahwa menikah di bulan Syawal akan mendatangkan kesialan dan kehancuran bagi rumah tangga. Mereka pantang menikah pada bulan tersebut.

 

Nabi Muhammad kemudian menepis mitos itu dengan menikahi Aisyah di bulan Syawal. Rasulullah menunjukkan yang mengatur kehidupan manusia bukan bulan, tapi Allah SWT. Rumah tangga akan tetap utuh jika dibangun dengan ketakwaan kepada Allah.

Jadi di kalangan Muslim Tanah Air, Syawal diyakini termasuk bulan baik untuk menikah karena merujuk hadist di atas.

(sal)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini