Share
Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Bongkar Pasang Bos BUMN ala Erick Thohir, Nicke Tetap Idola Jadi Dirut Pertamina

Fadel Prayoga, Jurnalis · Sabtu 13 Juni 2020 07:34 WIB
https: img.okezone.com content 2020 06 12 620 2228961 bongkar-pasang-bos-bumn-ala-erick-thohir-nicke-tetap-idola-jadi-dirut-pertamina-vb0Ixxt7CU.jpg Menteri BUMN Erick Thohir. (Foto: Okezone.com)
A A A

JAKARTA - Perombakan direksi Badan Usaha Milik Negara kembali berlanjut minggu ini. Setelah sebelumnya ada bongkar pasang di direksi BUMN Karya, kali ini Menteri BUMN Erick Thohir melakukan perombakan pada direksi Jasa Marga, PTBA, PT Perkebunan Nusantara Antam dan terkahir Pertamina

Ada direktur utama yang diganti dan yang tetap dipertahankan. Namun ada juga perubahan besar-besar seperti terjadi di Pertamina. BUMN Energi ini mengurangi jumlah direksi dari 11 menjadi hanya 7.

Okezone pun merangkum fakta-fakta menarik soal perombakan direksi BUMN, Sabtu (13/6/2020):

1. Copot 4 Komisaris dan 1 Direksi Bukit Asam

Dalam RUPS PT Bukit Asam (Persero) Tbk (PTBA) diputuskan untuk mengangkat Staff Ahli Menteri ESDM, Irwandi Arif menjadi komisaris perusahaan batubara plat merah ini. Selain itu, perseroan juga mengangkat Perwira Tinggi Polri Carlo Brix Tewu sebagai komisaris.

Selain itu, perseroan juga mengangkat E Piterdono Hz sebagai Komisaris. Ketiganya menggantikan Robert Heri, Taufik Majid dan Soenggoel Pardamean Sitorus.

erseroan juga mengangkat Andi Pahril Pawi sebagai komisaris independen menggantikan Heru Setyobudi Suprayogo.Sedangkan, di posisi Direksi perseroan mengangkat Hadis Surya Palapa sebagai Direktur Operasi dan Produksi.

2. Bos Jasa Marga Dicopot

Mengutip keterangan tertulis PT Jasa Marga (Persero) Tbk, Kamis (11/6/2020), Desi Arryani diberhentikan dari posisinya sebagai Direktur Utama PT Jasa Marga. Posisinya digantikan oleh Subakti Syukur yang sebelumnya menjabat sebagai Direktur Operasional II.

Sementara itu untuk posisi Direktur Operasi nantinya hanya akan ada satu nama saja. Adalah posisinya diisi olah Fitri Wiyanti.

3. Direksi dan Komisaris Baru Jasa Marga

Dewan Komisaris:

Komisaris Utama/Independen: Yuswanda A. Tumenggung

Wakil Komisaris Utama/Independen: Zulfan Lindan

Komisaris: Agus Suharyono

Komisaris: Anita Firmanti Eko Susetyowati

Komisaris: Sugihardjo

Komisaris Independen: Adriansyah Chaniago

Direksi:

Direktur Utama: Subakti Syukur

Direktur Keuangan: Donny Arsal

Direktur Bisnis: Mohammad Sofyan

Direktur Pengembangan Usaha: Arsal Ismail

Direktur Human Capital dan Transformasi: Enkky Sasono Anas Wijaya

Direktur Operasi: Fitri Wiyanti.

4. Rombak Direksi di 13 PTPN

Kementerian BUMN melalui Holding PT Perkebunan Nusantara III (Persero) melakukan pergantian jajaran komisaris anak perusahaan Grup PTPN, mulai dari PTPN I, II, IV hingga XIV sebagai bagian dari strategi untuk mendorong fungsi pengawasan dan optimalisasi proses transformasi bisnis Grup

Pergantian komisaris ini juga sejalan dengan restrukturisasi organisasi Grup PTPN sebagai Penopang Ekonomi dan Ketahanan Pangan Nasional.

Follow Berita Okezone di Google News

6. Erick Thohir Pertahankan Bos Pertamina
Nicke Widyawati tetap menjadi pilihan Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir memimpin PT Pertamina (Persero). Nicke masih menjabat Direktur Utama Pertamina di tengah perombakan besar-besaran Direksi Pertamina.
Menurut Erick, pemilihan kembali Nicke sebagai Dirut Pertamina ini bukan hal yang gratis. Sebab Nicke harus memenuhi Key Performance Indicator (KPI) yang diberikan pemerintah dalam dua tahun.

Menteri BUMN Erick Thohir melalui Direktur Utama PT Perkebunan Nusantara III (Persero) Muhammad Abdul Ghani menyerahkan langsung Surat Keputusan tentang Pemberhentian dan Pengangkatan Jajaran Komisaris anak perusahaan 13 PTPN pada Selasa, 9 Juni 2020 di Kantor Pusat Holding di Jakarta.

“Pergantian Komisaris ini sejalan dengan program transformasi grup perusahaan yang berkomitmen untuk meningkatkan pengawasan perusahaan memberikan fungsi pengawasan dan memperkuat kinerja anak perusahaan untuk mencapai target perusahaan sehingga dapat memberi kontribusi besar bagi perekonomian nasional,” ungkap Abdul Ghani.

5. Pejabat BIN Jadi Komisaris Antam

Pemegang saham Antam memutuskan untuk memberhentikan dengan hormat Zaelani sebagai Komisaris. Sebagai gantinya, para pemegang saham juga mengangkat perwira tinggi Polri Bambang Sunarwibowo sebagai Komisaris Antam.

Bambang merupakan seorang perwira tinggi Polri yang menjabat sebagai Sekretaris Utama Badan Intelijen Negara (BIN). Sementara untuk posisi Direksi tidak ada perubahan yang dilakukan mengingat belum lama sudah dilakukan perombakan.

6. Erick Thohir Pertahankan Bos Pertamina

Nicke Widyawati tetap menjadi pilihan Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir memimpin PT Pertamina (Persero). Nicke masih menjabat Direktur Utama Pertamina di tengah perombakan besar-besaran Direksi Pertamina.


Menurut Erick, pemilihan kembali Nicke sebagai Dirut Pertamina ini bukan hal yang gratis. Sebab Nicke harus memenuhi Key Performance Indicator (KPI) yang diberikan pemerintah dalam dua tahun.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini