Share
Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

5 Tips Foto OOTD di Rumah Tak Kalah Keren dengan Bidikan Fotografer Profesional

Dimas Andhika Fikri, Jurnalis · Sabtu 13 Juni 2020 19:35 WIB
https: img.okezone.com content 2020 06 13 620 2229537 5-tips-foto-ootd-di-rumah-tak-kalah-keren-dengan-bidikan-fotografer-profesional-O7lv8zCvIg.jpg Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)
A A A

OUTFIT of The Day (OOTD) merupakan tren yang hingga saat ini masih digemari masyarakat. Umumnya foto OOTD menampilkan berbagai gaya berpakaian yang unik dari penggunanya. Yuk, simak di sini 5 tips foto OOTD di rumah yang tak kalah keren dengan bidikan fotografer profesional.

Foto OOTD jadi menarik dengan sentuhan latar belakang yang cantik, misal di kafe dan restoran hits, foto akan tampak menarik. Namun, pandemi Covid-19 membuat kita tidak bisa melakukan hal tersebut karena adanya peraturan menjaga jarak dan mengharuskan warga untuk #dirumahaja.

Padahal, bila kamu paham tekniknya foto OOTD #dirumahaja tetap bisa keren, loh! Foto OOTD #dirumahaja bisa menantang diri kamu untuk berfoto dengan latar belakang, peralatan, dan perlengkapan yang ada di rumahmu.

Baca Juga: Suka Foto-Foto? Ternyata Ini Loh Keuntungannya

Selain itu, kegiatan OOTD ini bisa membantu kamu mengeksplor gaya berpakaian yang cocok untuk kamu. Simak tips berikut untuk mendapatkan hasil foto OOTD yang tetap kece meski harus #dirumahaja, seperti dikutip dari siaran pers Likee yang diterima Okezone.

Cari referensi gaya berpakaian

Jika bingung, kamu bisa memulainya dengan mencari referensi gaya berpakaian yang cocok. Kamu bisa mencarinya di berbagai media sosial, media-media lifestyle, atau meniru gaya berpakaian idola kamu. Beragam gaya berpakaian bisa kamu coba seperti casual, formal, boyish, feminin, modern, atau pun klasik.

Follow Berita Okezone di Google News

Padukan outfit

Setelah pakaian cocok, sekarang saatnya memilih outfit yang sesuai dengan referensi yang ingin kamu tiru. Tentu saja kamu harus memilih pakaian yang terbaik untuk menghasilkan foto yang menarik. Pakaian yang dikenakan tidak harus selalu baru dan mahal.

Padukan atasan, bawahan, sepatu, tas, dan aksesori fashion lainnya untuk mendapatkan gaya yang diinginkan. Paling mudah, kamu bisa memadukan warna fashion item yang akan dikenakan. Misal, kamu mau berpakaian casual, bisa kenakan kaos polos favorit dengan celana jeans sehari-hari. Kenakan sepatu putih dan bawa tote bag untuk melengkapinya.

Baca Juga: Punya Kamera SLR? Fotografer Langganan Artis Ini Beberkan Trik Merawatnya

Pilih latar belakang menarik di sekitar rumah

Foto OOTD yang baik didukung dengan pemilihan latar belakang yang bagus dan menarik perhatian. Biasanya, orang-orang akan mengambil tempat foto hits seperti di restoran, kafe, pusat perbelanjaan, ataupun taman hiburan.

Namun, karena pandemi Covid-19 membuat kamu harus #dirumahaja, maka gunakanlah ruang-ruang yang tersedia di rumah kamu seperti teras, pekarangan depan rumah, kamar tidur, dan ruang keluarga.

Kamu bisa mendekorasi dengan properti menarik yang ada di rumah untuk mempercantik latar belakang foto. Di sinilah kreativitas kamu ditantang. Misalnya dengan menjadikan selimut atau selendang kamu sebagai latar belakang, menambahkan vas bunga, dan menambahkan lampu hiasan sebagai tambahan dekorasi cantik.

Jangan hanya satu pose dan angle!

Sekarang kamu sudah memilih pakaian dan menentukan latar belakang yang cocok lengkap dengan dekorasinya. Selanjutnya, ambil foto di bawah pencahayaan yang terang. Untuk mendapatkan hasil yang bagus, kamu harus mengambil banyak foto dengan berbagai pose dan dari berbagai angle yang tepat agar kamu terlihat proporsional.

Kamu bisa mencoba pose berdiri dengan menyilangkan kaki, pose duduk bersila, meletakkan tangan yang kosong di kantong celana, sembari bersandar di dinding. Pose ini akan mendukung gaya berpakaianmu semakin menonjol, dinamis, dan atraktif pada hasil foto.

Letakkan juga kamera pada posisi atau angle yang berbeda agar mendapatkan konsep foto nan unik, misal dari bawah agar postur tubuh terlihat lebih tinggi.

Baca Juga: 4 Tips Memotret, Abadikan Momen Libur Lebaran dengan Foto Keren!

Edit dan kompilasi fotonya

Terakhir, edit foto-foto terbaik yang sudah kamu pilih untuk menghasilkan foto yang lebih baik. Terkadang hasil foto terlihat baik, tetapi tidak sesuai dengan yang diharapkan, misalnya saja kurang pencahayaan sehingga terlihat gelap.

Utamakan mengedit pada bagian tubuh dan wajah agar menonjol di foto tersebut. Agar lebih menarik lagi, kamu bisa membuat sebuah video kompilasi foto kumpulan hasil OOTD kamu. Yuk, praktikkan!

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini