Share
Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Beli Hewan Kurban Secara Online, Ini yang Harus Diperhatikan

Widi Agustian, Jurnalis · Senin 15 Juni 2020 15:08 WIB
https: img.okezone.com content 2020 06 15 620 2230333 beli-hewan-kurban-secara-online-ini-yang-harus-diperhatikan-ewpRmEh70z.jpg (Foto: Arif Julianto/Okezone)
A A A

JAKARTA - Membeli hewan kurban secara daring alias online tampaknya bisa menjadi solusi bagi masyarakat yang ingin berkurban di tengah pandemi virus corona atau Covid-19.

Peneliti domba Balai Penelitian Teknologi Bahan Alam LIPI Awistaros Angger Sakti menjelaskan, adanya pembatasan jumlah orang selama adaptasi kenormalan baru untuk mencegah penyebaran virus Covid-19 membuat mobilitas masyarakat terbatas.

Maka dari itu, dia menjelaskan, pembelian dan penjualan hewan kurban dapat dilaksanakan melalui daring.

“Terdapat alternatif untuk memininimalkan kontak secara langsung dengan membeli hewan kurban secara daring dengan mengetahui data gigi, foto hewan kurban secara fisik, dan bobot badan digital. Disarankan juga agar calon pembeli hewan kurban telah mengenal penjual,” jelas Awistaros dilansir dari laman LIPI, Senin (15/6/2020).

Indonesia sebagai negara dengan penduduk muslim terbesar di dunia, selalu menyambut hari raya Iduladha dengan melakukan penyembelihan hewan kurban.

Manajemen pengelolaan hewan kurban harus memperhatikan beberapa aspek, seperti aspek ilahiyyah (ibadah dan taqarrub) dan insaniyaah (kemanusiaan, sosial, dan ekonomi).

Selain itu, ia juga menambahkan kegiatan dimulai dari pemeliharaan hewan kurban, penjualan, pengiriman penyembelihan, hingga pembagian kepada masyarakat harus memperhatikan aspek keamanan pangan yang berpedoman pada ASUH (Aman, Sehat, Utuh, dan Halal).

Follow Berita Okezone di Google News

(ahl)

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini