Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Sorry, Tak Semua Pengunjung Bisa Hangout ke Tempat Wisata

Taufik Fajar, Jurnalis · Sabtu 20 Juni 2020 20:34 WIB
https: img.okezone.com content 2020 06 20 620 2233600 sorry-tak-semua-pengunjung-bisa-hangout-ke-tempat-wisata-OLtb7TdLMW.jpg Foto: Okezone

JAKARTA - Tempat wisata di wilayah Jakarta kembali buka hari ini sampai 28 Juni 2020. Hanya saja tidak semua orang bisa berkunjung atau jalan-jalan kecuali warga Jakarta. 

Seperti hari ini ada destinasi wisata besar yang buka di Jakarta seperti Taman Margasatwa Ragunan dan Taman Impian Jaya Ancol. Pada kedua wisata ini, pembatasan pengunjung pun di lakukan guna mengantisipasi penyebaran virus corona. 

Okezone merangkum fakta-fakta terkait kembali beroperasinya tempat wisata di Jakarta sesuai dengan jadwal PSBB transisi, Sabtu (20/6/2020):

1. Buka Hari Ini, Pengunjung Taman Margasatwa Ragunan Maksimal 1.000 Orang

Taman Margasatwa Ragunan menjadi salah satu tempat rekreasi yang akan dibuka hari ini sesuai dengan Peraturan Gubernur Nomor 51 Tahun 2020 tentang Pelaksanaan Pembatasan Sosial Berskala Besar Pada Masa Transisi Menuju Masyarakat Sehat, Aman dan Produktif.

Dengan hal tersebut, unit pengelola Taman Margasatwa Ragunan Dinas Pertamanan dan Hutan Kota Jakarta pun melakukan persiapan untuk rencana pembukaan kembali fase pertama pada hari ini sampai 28 Juni 2020.

Pengelola akan melakukan pembatasan pengunjung selama PSBB masa transisi melalui pendaftaran online tiket pengunjung dengan jumlah pengunjung maksimal 1.000 orang per hari (Selasa sampai Minggu). Sedangkan untuk Senin, diberlakukan hari libur satwa (tidak menerima kunjungan).

Adapun pelayanan verifikasi pendaftaran online di loket mulai pukul 08.00 sampai 12.00 WIB. Jam operasional kunjungan mulai pukul 08.00 sampai 13.00 WIB. Demikian dikutip dari keterangan Pengelola Ragunan.

Sementara itu, akses masuk pengunjung melalui Pintu Utara di Jl. Harsono RM dan Pintu Barat di Jl. Kavling Polri Cilandak KKO. Pengelola Ragunan untuk sementara ini melakukan pelarangan kunjungan bagi anak yang berumur 0-9 tahun, Ibu hamil. Kemudian orang dewasa yang berumur di atas 60 tahun dan/atau memiliki penyakit bawaan (diabetes, jantung, TBC, gagal ginjal dan/atau penyakit komplikasi lainnya).

Tidak hanya itu, penggunaan tikar untuk tempat duduk di taman juga dilarang sementara. Kemudian bagi pengunjung yang memenuhi syarat untuk berkunjung ke Ragunan harus juga sesuai prosedur seperti tidak dalam keadaan sakit, apabila sakit atau suhu tubuh lebih dari 37,5⁰C tidak diizinkan masuk ke area TMR.

Di area Taman Margasatwa Ragunan, pengunjung wajib menggunakan masker dan membawa hand sanitizer, jika tidak menggunakan masker maka pengunjung dilarang masuk ke area TMR. Melakukan cuci tangan lebih sering saat berada dalam area TMR, menjaga jarak antar pengunjung 1 sampai dengan 2 meter dan tidak berkerumun. Mengikuti alur atau arah tempuh yang ditetapkan dalam area TMR, dan pengunjung diharapkan untuk selalu bergerak. Pengelola juga melarang kegiatan yang mengundang kerumunan masa. Menjaga kebersihan dan membuang sampah pada tempatnya.

2. Mohon Maaf, Selain Warga Jakarta untuk Sementara Tidak Bisa ke Ancol

Taman Impian Jaya Ancol kembali buka hari ini atau sesuai dengan jadwal Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) transisi di wilayah Jakarta. Hanya saja, untuk sementara yang bisa berkunjung atau jalan-jalan ke Ancol hanya warga Jakarta.

Departemen Head Corporate Communication Taman Impian Jaya Ancol Rika Lestari mengatakan, pengunjung atau masyarakat perlu mengetahui bahwa Manajemen Ancol melakukan pembatasan jumlah pengunjung secara bertahap sampai dengan 50% dari kapasitas normal. Selain itu, pada masa PSBB transisi ini juga tidak memperbolehkan anak di bawah usia 5 tahun, ibu hamil, dan usia di atas 50 tahun rekreasi di Ancol untuk berkunjung ke Ancol.

"Selama masa PSBB Transisi, Manajemen hanya mengizinkan warga ber-KTP DKI Jakarta saja yang dapat melakukan pembelian tiket dan reservasi untuk berekreasi ke Ancol, di luar area tersebut akan dilakukan penyesuaian dikemudian hari melihat situasi dan kondisi pandemi Covid-19," tuturnya, dalam keterangan tertulisnya.

Dia mengatakan, selama masa transisi ini pun manajemen akan memberlakukan penyesuaian kegiatan operasional. Unit rekreasi juga akan dilakukan pembukaan secara bertahap, yang akan dibuka terlebih dahulu adalah kawasan Pantai, Allianz Ecopark, Pasar Seni, Dunia Fantasi (Dufan), Ocean Dream Samudra dan Sea World Ancol, serta restoran yang berada di dalam kawasan Ancol.

"Penginapan Putri Duyung Resort serta Pulau Bidadari. Sementara untuk unit rekreasi air Atlantis Water Adventures dipersiapkan akan dibuka pada tahap selanjutnya," tuturnya.

(fbn)

1
1

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini