Share
Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Napak Tilas Tempat Pacaran Anak Gaul Era 90-an, Pernah Merasakan?

Dimas Andhika Fikri, Jurnalis · Senin 22 Juni 2020 20:18 WIB
https: img.okezone.com content 2020 06 22 620 2234521 napak-tilas-tempat-pacaran-anak-gaul-era-90-an-pernah-merasakan-uVn7fCSQHy.jpg Taman Situ Lembang. (Foto: Okezone)
A A A

JAKARTA memang cocok diibaratkan sebagai melting pot, tempat semua unsur bersatu. Di Jakarta, kita bisa menemukan beragam unsur kebudayaan mulai dari masyarakat yang terdiri dari berbagai suku dan bangsa, hingga beragam jenis makanan bisa ditemui dengan mudah.

Sebagai kota metropolitan, Jakarta memang tempat berkumpul mereka yang ingin meraup rezeki.

Jakarta pun terus berubah dari tahun ke tahun, banyak tempat yang sudah mengalami lintas generasi dan menjadi saksi bisu banyak sejarah. Tapi, ada loh sejumlah tempat di DKI Jakarta yang ngehits di era 90-an.

Beberapa tempat jadi lokasi favorit anak gaul Jakarta berkumpul dengan teman ataupun untuk berkencan dengan pacar. Kalau penasaran, yuk simak ulasannya di bawah ini, seperti dilansir Okezone dari berbagai sumber seperti Jakarta.go.id atau media sosial.

Situ Lembang

Situ lembang jakarta

(Foto Taman Situ Lembang, Jakarta, 1965-an dan 2016 : Pinterest)

Baca Juga: HUT Jakarta, Nostalgia Tempat Muda-mudi Ibu Kota Pacaran di Era 90-an

Pada era 90-an, Taman Situ Lembang sering dijadikan tempat 'cabut'(bolos) anak-anak sekolah. Ya, meski pada saat itu Jakarta memiliki banyak taman, namun banyak anak muda yang memilih nongkrong dan pacaran di Taman Situ Lembang.

Lokasinya memang terbilang strategis karena berada di kawasan Menteng, Jakarta Pusat. Saat ini, Taman Situ Lembang masih beroperasi namun lebih sering dijadikan obyek wisata berbasis keluarga.

Follow Berita Okezone di Google News

Melawai

Taman melawai

(Foto: Kaskus.co.id)

Terletak di Kecamatan Keb. Baru, Jakarta Selatan, Melawai menyimpan banyak kenangan bagi remaja dan anak nongkrong era tahun 80an. Pada saat itu, Melawai memang dijadikan lokasi nongkrong dan pacaran bagi anak gaul Jakarta.

Baca Juga: Piknik Virtual Melihat 5 Benda Peninggalan MH Thamrin di HUT Jakarta

Bahkan dulu sempat beken istilah "Mejeng" dan "JJS" (Jalan-Jalan Sore) di kalangan remaja Jakarta. Mejeng merupakan salah satu cara anak anak gaul era tahun 80an untuk mengekspresikan sesuatu hal yang baru dan up to date.

Termasuk ajang saling tebar pesona dan "pameran". Mulai dari pamer mobil wah di zaman itu, trend fashion, musik, dan lain lain. Kini, daerah Melawai masih menjadi lokasi nongkrong favorit dengan beragam pilihan cafe dan tempat makan yang asyik dan ramah kantong.

Taman Ria Senayan

Taman Ria Senayan

(Foto : Jakarta.go.id)

Taman Ria Senayan pada awalnya merupakan tempat nongkrong yang populer di era 70-an. Namun seiring berjalannya waktu, tempat ini juga sangat digandrungi generasi 90-an.

Taman ini merupakan tempat nongkrong dan pacaran yang nyaman karena memiliki taman terbuka hijau serta memiliki telaga buatan yang sangat luas untuk bermain sepeda air dan perahu motor.

Sayangnya, tempat tersebut kini hanya tinggal kenangan. Pada 2015 lalu, Taman Ria Senayan resmi ditutup untuk dijadikan apartemen.

Parkir Timur Senayan

Parkir timur senayan

Masih dari kawasan Senayan, ada satu lagi tempat yang sering dijadikan lokasi pacaran oleh anak gaul Jakarta. Apalagi kalau bukan Parkir Timur Senayan. Anak generasi 90-an pasti sudah familiar banget dengan tempat ini.

Selain menjadi tempat ngeceng favorit, Parkir Timur Senayan juga merupakan lokasi para anak gaul memamerkan mobil modifikasi mereka. Sekarang, Parkir Timur Senayan lebih sering digunakan untuk venue konser band-band lokal maupun mancanegara.

1
4

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini