Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

9 Cara Aman Gunakan Makeup di Era New Normal, Simak Ya

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Sabtu 27 Juni 2020 08:52 WIB
https: img.okezone.com content 2020 06 27 620 2237262 9-cara-aman-gunakan-makeup-di-era-new-normal-simak-ya-tFATmRH5Zl.jpg Pakai makeup (Foto: Pixabay)

Laporan Rumah Sakit Pondok Indah menerangkan bahwa alat makeup bisa jadi sarana penyebaran Covid-19. Hal ini berkaitan dengan sifat virus corona yang terbukti bisa bertahan hidup di permukaan plastik dan logam.

Akibat sifat tersebut, alat makeup berpeluang menyebarkan Covid-19 ke tubuh seseorang. Terlebih, kita tahu bersama kalau alat makeup digunakan di area wajah yang mana droplet berukuran sangat kecil bisa masuk ke tubuh lewat wajah.

 makeup

Dengan adanya risiko tersebut, Anda yang memang aktif menggunakan makeup sangat disarankan untuk melakukan beberapa tindakan pencegahan terpapar Covid-19.

Dokter Spesialis Kulit dan Kelamin RS Pondok Indah, Puri Indah dr Susie Rendra, SpKK, FINSDV mengatakan, terdapat 9 cara yang bisa Anda lakukan agar tetap aman menggunakan makeup saat new normal. Apa saja?

 

1. Cuci tangan dulu

Sangat disarankan untuk semua yang menggunakan makeup cuci tangan sebelum mengaplikasikan makeup di wajah. Tangan yang bersih tentu meminimalisir transfer kuman ke wajah dan alat kosmetik Anda.

 

2. Ganti makeup baru

Bila memungkinkan, gantilah kosmetik Anda dengan set yang baru bila sudah lama tidak digunakan kurang lebih hampir 3 bulan. Bila tidak memungkinkan membeli yang baru, buanglah lapisan teratas kosmetik sebelum mulai digunakan kembali.

3. Aplikasikan kosmetik saat di rumah

Hindari mengaplikasikan kosmetik di area publik, karena ada risiko droplet mikro di udara yang dapat menempel di permukaan kosmetik. Dikhawatirkan droplet mengandung virus corona.

4. Jangan pinjamkan kosmetik

Jangan gunakan makeup orang lain mulai dari sekarang. Anda tidak bisa mengetahui apabila seseorang tersebut ternyata orang tanpa gejala (OTG) atau bukan.

 Baca juga: Gowes Sepeda Mendadak Populer, Pesepeda: Makin Banyak Orang Sadar Berolahraga

5. Bersihkan wadah kosmetik secara rutin

Rutinitas ini juga harus mulai Anda lakukan. Bersihkan wadah kosmetik menggunakan sabun ataupun bahan antiseptik lainnya, bila perlu setiap hari.

6. Selalu gunakan kosmetik saat wajah bersih

Hindari touch-up (menambahkan, mengoreksi) kosmetik saat Anda di luar rumah atau saat Anda tidak bisa membersihkan muka terlebih dahulu.

 

7. Bila kita terindikasi terkena infeksi Covid-19, hentikan penggunaan kosmetik

Kosmetik dapat kembali digunakan setelah melewati masa hidup virus. Sebagian orang merasa lebih aman dengan membuang kosmetik lama dan menggantinya dengan yang baru setelah sembuh.

 

8. Cucilah kuas dan spons

Menjaga kebersihan alat makeup juga penting dilakukan. Lakukan hal ini secara berkala, ya.

9. Gunakan kosmetik sesuai jangka waktunya

Setiap kosmetik memiliki batas waktu penggunaan. Dengan begitu, gunakan kosmetik sesuai masa berlakunya, biasanya berkisar 3-6 bulan.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini