Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Buat yang Puasa Sunah Senin, Berbukalah dengan Cara Rasulullah

Senin 29 Juni 2020 17:10 WIB
https: img.okezone.com content 2020 06 29 620 2238300 buat-yang-puasa-sunah-senin-berbukalah-dengan-cara-rasulullah-4Cy4unqfyL.jpg Ilustrasi (Freepik)

BERPUASA sunah pada Senin dan Kamis adalah anjuran Rasulullah SAW. Selain menuai pahala dan meningkatkan ketakwaan, puasa secara rutin Senin-Kamis juga menyehatkan badan serta menyembuhkan penyakit hati.

Nabi Muhammad SAW rajin berpuasa pada Senin dan Kamis. Sebagaimana disebutkan dalam hadist dari Ummul Mukminil Aisyah Radhiallahu a’nha bahwa “Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam biasa menaruh pilihan berpuasa pada hari Senin dan Kamis.”

Baca juga: 5 Cara Mengendalikan Hawa Nafsu, Nomor 3 Sesuai Usia 

Abu Hurairah dalam hadist lain menyebutkan, Rasulullah bersabda, “Berbagai amalan dihadapkan (pada Allah) pada hari Senin dan Kamis, maka aku suka jika amalanku dihadapkan sedangkan aku sedang berpuasa.” (HR. Tirmidzi).

Nah, bagi yang berpuasa hari ini agar pahalanya lebih sempurna berbukalah dengan cara buka puasa Rasulullah sebagai bagian dari mengikuti sunah.

Nabi Muhammad biasa berbuka puasa adalah ruthab atau kurma basah. Jika tidak ada, maka pilihannya beberapa butir tamr atau kurma kering.

Jika kedua jenis kurma tak ada, maka beliau berbuka dengan beberapa teguk air putih.

Hal ini sebagaimana hadits dari Anas bin Malik radhiallahu’anhu yang diriwayatkan Abu Daud, “Biasanya Rasulullah Shallallahu’alaihi Wasallam berbuka puasa dengan ruthab (kurma segar) sebelum sholat. Jika beliau tidak punya ruthab, maka dengan tamr (kurma kering), jika beliau tidak punya tamr, maka dengan beberapa teguk air.”

Baca juga: Dahsyatnya Pahala Menjenguk Orang Sakit, Akan Didoakan 70 Ribu Malaikat

Riset sudah membuktikan bahwa berbuka puasa dengan kurma sangat baik untuk kesehatan pencernaan dan menambah energi. Kandungan serat dan gizi dalam kurma sangat tinggi sehingga baik untuk tubuh.

Maka, jika mau lebih sehat hindari mendahulukan makanan berat apalagi gorengan saat berbuka puasa.

(sal)

Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini