Share
Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

9 Syarat Wajib untuk Penuhi Jadwal Imunisasi Bayi Selama Pandemi Covid-19

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Rabu 01 Juli 2020 07:03 WIB
https: img.okezone.com content 2020 06 30 620 2239007 9-syarat-wajib-untuk-penuhi-jadwal-imunisasi-bayi-selama-pandemi-covid-19-MBQzI6Wnmx.jpg Ilustrasi. (Shutterstock)
A A A

TIM Komunikasi Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19, dr Reisa Broto Asmoro, mengingatkan masyarakat akan pentingnya imunisasi selama masa pandemi Covid-19. Jadwal imunisasi pun tetap berjalan seperti biasanya, namun harus disesuai dengan protokol kesehatan.

Dokter Reisa mengimbau, layanan imunisasi di puskesmas atau fasilitas kesehatan lainnya bisa memberikan layanan imunisasi. Masyarakat harus memperhatikan protokol kesehatan yang berlaku.

Dalam siaran langsung di gedung Graha BNPB, Selasa (30/6/2020), dr Reisa pun membagikan 9 syarat yang wajib dilakukan oleh pelayan imunisasi supaya aman dan terhindar dari virus corona, apa saja?

imunisasi

Baca Juga: Aman Nggak Sih, Imunisasi Bayi dan Lansia di Saat Pandemi Covid-19?

1. Pada masa pandemi, ruang atau tempat pelayanan imunisasi wajib menggunakan ruang atau tempat pelayanan yang cukup luas dengan sirkulasi udara yang baik.

Pastikan, tempat ruang tempat pelayanan imunisasi hanya untuk melayani bayi dan anak yang sehat.

2. Ruang atau tempat imunisasi rutin dibersihkan dengan cairan disinfektan.

3. Tersedia fasilitas mencuci tangan pakai sabun dan air mengalir atau hand sanitizer.

4. Atur meja pelayanan antar petugas dan orang tua dengan jaga jarak aman sejauh satu sampai dua meter.

5. Jalur keluar dan jalur masuk diatur berbeda dan sediakan tempat duduk bagi pasien imunisasi dan orang tua atau pengantar untuk menunggu. Sediakan tempat duduk di ruang yang terbuka untuk menunggu sebelum dan sesudah imunisasi.

Follow Berita Okezone di Google News

6. Tentukan jadwal hari atau jam pelayanan khusus imunisasi dari jauh-jauh hari, agar pelayanan dilakukan dengan singkat serta harus batasi jumlah sasaran yang akan dilayani.

7. Seluruh petugas medis, wajib menggunakan alat pelindung diri yang sesuai dengan perinsip pencegahan dan pengendalian infeksi (PPI) seperti masker bedah atau masker medis dan sarung tangan. Bila tersedia, sarung tangan harus diganti tiap satu sasaran yang di imunisasi.

Baca Juga: Jumlah Imunisasi Anak Menurun Selama Pandemi Covid-19

8. Pastikan hasil pelayanan imunisasi dicatat pada buku KIA atau buku catatan imunisasi.

9. Ingat dan atur jadwal imunisasi berikutnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini