Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Perjanjian Dagang IA-CEPA Berlaku, Bea Masuk Jadi 0% hingga Investasi Baru

Senin 06 Juli 2020 11:13 WIB
https: img.okezone.com content 2020 07 06 620 2241733 perjanjian-dagang-ia-cepa-berlaku-bea-masuk-jadi-0-hingga-investasi-baru-Owwt7tKCjz.jpg IA-CEPA Berlaku

JAKARTA - Kementerian Perdagangan mengatakan perjanjian yang menghapus sebagian besar tarif perdagangan antara Indonesia dan Australia serta bertujuan membuka investasi yang mulai berlaku pada Minggu 5 Juli 2020.

Perjanjian Kemitraan Ekonomi Komprehensif Indonesia-Australia (IA-CEPA) ditandatangani tahun lalu dan diratifikasi oleh DPR Indonesia pada Februari. Perjanjian itu bertujuan mendorong perdagangan bilateral yang bernilai USD7,8 miliar pada 2019.

"Covid-19 membuat hampir seluruh negara di dunia mengalami perlambatan pertumbuhan ekonomi," kata Menteri Perdagangan Agus Suparmanto dalam pernyataannya.

Baca Juga: Mulai Hari Ini, Bea Masuk Produk Indonesia ke Australia Jadi 0% 

"IA-CEPA dapat dijadikan momentum dan dorongan untuk menjaga kinerja perdagangan dan meningkatkan daya saing Indonesia." katanya seperti dilansir VOA Indonesia, Jakarta, Senin (6/7/2020).

Dalam upacara penandatanganan tahun lalu, kedua negara itu mengatakan perjanjian itu akan menghapus semua tarif Australia terhadap impor dari Indonesia. Selain itu, 94% tarif Indonesia juga akan dihapus secara bertahap.

Australia bertujuan untuk mendorong ekspor termasuk gandum, bijih besi dan produk susu. Sementara Indonesia ingin meningkatkan ekspor otomotif, tekstil dan elektronik. Perjanjian itu membuka investasi, termasuk bagi universitas-universitas Australia di Indonesia.

Baca Juga: Fakta-Fakta 7 Perusahaan Relokasi Pabrik ke RI yang Bikin Jokowi Senang 

Kementerian Perdagangan mengatakan dalam pernyataan bahwa pemerintah Indonesia telah mengeluarkan tiga regulasi untuk memungkinkan penerapan perjanjian itu.

Seperti yang diketahui, melalui IA-CEPA, seluruh bea masuk produk Indonesia ke Australia menjadi 0%.

Kemendag menjelaskan, IA-CEPA berbeda dari perjanjian perdagangan bebas pada umumnya. Cakupan perjanjian yang diatur dalam kemitraan ini sangat luas dan komprehensif.

(dni)

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini