Share
Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Wajib Tahu, Ini Daftar Harga Hewan Kurban Idul Adha 2020

Rizka Diputra, Jurnalis · Senin 06 Juli 2020 11:55 WIB
https: img.okezone.com content 2020 07 06 620 2241757 wajib-tahu-ini-daftar-harga-hewan-kurban-idul-adha-2020-R2Sf9dDgMH.JPG Ilustrasi (Foto: Okezone.com)
A A A

HARI raya Idul Adha menjadi momen paling ditunggu bagi umat Islam. Terutama bagi mereka yang hendak berkurban. Berkurban merupakan ibadah yang disunahkan Allah Subhanahu wa Ta'ala yang esensinya ialah berbagai rezeki kepada sesama.

Berkurban juga sebagai bentuk rasa syukur kita kepada Allah atas rezeki yang diamanahkan. Menjelang hari raya kurban, penting bagi para calon shohibul kurban untuk mengetahui harga-harga hewan kurban yang dibanderol tahun ini.

Di Indonesia, hewan kurban yang lazim diperjualbelikan ialah kambing, domba dan sapi. Harga hewan kurban di Indonesia selalu kompetitif setiap tahunnya. Kali ini Okezone akan mengulas daftar harga hewan kurban yang dipasarkan via pedagang maupun secara daring atau online.

Melansir situs Global Qurban, harga seekor kambing yang dipasarkan via online dibuka mulai Rp2.150.000 untuk kualifikasi berat 27-30 kilogram. Sedangkan harga sapi dengan bobot di atas 225 kilogram dipatok seharga Rp15 juta per ekor.

Tak hanya hewan kurban lokal, situs Global Qurban yang bekerjasama dengan Yayasan Aksi Cepat Tanggap (ACT) ini juga menawarkan hewan kurban impor. Seperti kambing Palestina dan Suriah dihargai Rp5 juta per ekornya.

Adapun kambing Yaman Rp3,2 juta. Sedangkan untuk sapi Palestina dan Suriah dibanderol Rp35 juta per ekor, serta sapi Yaman dibuka harga mulai Rp28,5 juta.

Baca juga: 16 Jamaah Tabligh Asal Indonesia Dipulangkan dari India

Sementara berdasarkan website dompetdhuafa.org, harga hewan kurban yang ditawarkan cukup terjangkau bagi masyarakat. Untuk hewan kurban kambing pun ada tiga pilihan.

Harga untuk seekor kambing dengan kualitas standar dengan berat 23-28 kilogram dipatok Rp1.490.000. Kemudian kambing kualitas medium dengan bobot antara 29-34 kilogram ditawarkan Rp1.690.000 per ekor.

Sedangkan kambing dan domba kualitas premium berbobot di atas 35 kilogram dibanderol seharga Rp1.890.000 per ekornya.

Adapun harga untuk sapi yang ditawarkan Dompet Dhuafa yakni Rp12.975.000 per ekor untuk bobot 250-300 kilogram.

Penjualan hewan kurban menjelang Idul Adha 1441 Hijriah belakangan juga sudah mulai menjamur. Seperti lapak pedagang yang berdiri di Jalan Baru Underpass Bekasi, Bekasi Timur, Jawa Barat. Mulyadi, seorang pedagang hewan kurban di sana mengatakan, ia sengaja menjajakan hewan kurbannya dekat permukiman warga agar mudah dijangkau masyarakat.

Tahun ini ia menyediakan 53 sapi dan 70 ekor kambing untuk dijual. Jumlah ini diakuinya jauh menurun imbas pademi virus corona atau Covid-19. Menyinggung soal harga, hewan kurban jenis kambing dibanderol mulai Rp2,5 juta hingga Rp4 juta untuk kualitas super.

Sedangkan sapi sengaja yang didatangkan dari Purwakarta dibuka harga mulai Rp16,5 juta sampai Rp40 juta. Ia memastikan seluruh hewan kurban yang dijualnya sudah melalui pemeriksaan kesehatan hingga dinyatakan layak dikurbankan.

Follow Berita Okezone di Google News

Sementara, seorang pedagang kurban di Jalan KSU Raya, Sukmajaya, Kota Depok, Muhammad Ismail menjajakan hewan kurbannya dengan harga kompetitif. Untuk seekor kambing dibuka harga Rp2 jutaan tergantung bobot hewan. Sedangkan sapi dengan kualifikasi berat 250-300 kilogram dibanderol seharga Rp20-30 juta.

Di masa pandemi Covid-19 saat ini, membeli hewan kurban secara daring alias online bisa jadi solusi bagi masyarakat yang ingin berkurban. Sebab, dengan cara ini maka kita akan turut berperan dalam mencegah kerumunan orang yang berpotensi jadi klaster baru penularan virus corona.

Peneliti domba Balai Penelitian Teknologi Bahan Alam LIPI, Awistaros Angger Sakti menjelaskan, adanya pembatasan jumlah orang selama adaptasi kenormalan baru untuk mencegah penyebaran virus Covid-19 membuat mobilitas masyarakat terbatas.

“Terdapat alternatif untuk memininimalkan kontak secara langsung dengan membeli hewan kurban secara daring dengan mengetahui data gigi, foto hewan kurban secara fisik, dan bobot badan digital. Disarankan juga agar calon pembeli hewan kurban telah mengenal penjual,” kata dia, dikutip dari laman LIPI.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini