Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Dituding Rasis, Drama Backstreet Rookie Kembali Tuai Kecaman

Pernita Hestin Untari, Jurnalis · Senin 06 Juli 2020 13:50 WIB
https: img.okezone.com content 2020 07 06 620 2241847 dituding-rasis-drama-backstreet-rookie-kembali-tuai-kecaman-QU5aEbCbTj.jpg Karakter Han Dal Sik dalam Backstreet Rookie. (Foto: SBS)

SEOUL - Drama Backstreet Rookie kembali menuai kecaman publik Korea maupun internasional. Kali ini, drama arahan Lee Myoung Woo itu dikritik keras karena menampilkan perlakuan rasis dalam salah satu adegannya. 

Dalam episode 5 yang tayang pada 3 Juli silam, terdapat adegan di mana pelanggan asal Nigeria mendatangi toserba milik Choi Dae Hyun (Ji Chang Wook). Di depan pintu toserba, dia bertemu seorang pria Korea yang juga publisher komik daring Han Dal Sik (Um Moon Suk).

Backstreet Rookie. (Foto: SBS)

Saat berhadapan satu sama lain, pria Korea itu terlihat menghindari lelaki Nigeria tersebut. Dia juga terdengar bergumam, “Astaga!” 

Kritik tak sampai di situ. Karakter Han Dal Sik juga menuai kecaman setelah dinilai tak memiliki pemahaman budaya yang memadai terhadap pria Nigeria itu dengan mengatakan, “Kita keluarga Jamaika.”

Adegan itu kemudian mendapat sorotan dan kecaman publik, di tengah gerakan Black Lives Matter yang semakin gencar belakangan. “Bagaimana mungkin adegan seperti ini melewati proses penyuntingan. Ah, sangat menjijikkan,” ujar akun Twitter @bts_SlaveSive.

Baca juga: Sempat Naik, Rating Backstreet Rookie Melorot ke Titik Terendah

Backstreet Rookie. (Foto: SBS)

Sementara itu, akun Twitter @ClouddNine_ mengungkapkan bahwa dari awal penayangan Backstreet Rookie, dia sangat terganggu dengan karakter Han Dal Sik. Alasannya, karena karakter itu dinilai melecehkan budaya warga Afro-Amerika.

“Tim produksi Backstreet Rookie tak perlu melakukan hal ini. Aku muak hal seperti ini selalu terjadi. Keberadaan Dal Shik dengan rambut gimbal dan kulit gelap itu sebenarnya tak berpengaruh apa-apa pada jalan cerita. Sebaliknya, bagiku ini tidak sopan.”

Ini bukan kali pertama bagi drama Ji Chang Wook dan Kim Yoo Jung ini menuai kecaman warganet. Bahkan, ia sudah mendapat sentimen negatif dari awal penayangannya. 

Saat tayang perdana pada 20 Juni 2020, Backstreet Rookie bahkan dinilai sengaja menampilkan konten sensual, praktik prostitusi, dan dugaan plagiarisme. Akibat ketiga hal itu, Komisi Standar Komunikasi Korea Selatan mengaku, menerima lebih dari 6.000 komplain.

Backstreet Rookie. (Foto: SBS)

Pada 26 Juni silam, komisi itu berjanji akan meninjau konten Backstreet Rookie. “Kami sudah membentuk tim untuk mereview keluhan masyarakat tersebut,” ujar perwakilan Komisi Standar Komunikasi Korea Selatan kala itu. 

Sayang, hingga kini SBS maupun tim produksi masih bungkam terkait semua kritik yang diarahkan pada Backstreet Rookie.*

Baca juga: Dipeluk Lee Min Ho Jelang Wamil, Woo Do Hwan: Aku Akan Pergi Yang Mulia

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini