Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Gempa Guncang Banten, Pangandaran dan Bengkulu, Baca Doa Ini Mohon Perlindungan Allah

Selasa 07 Juli 2020 14:54 WIB
https: img.okezone.com content 2020 07 07 620 2242509 gempa-guncang-banten-pangandaran-dan-bengkulu-baca-doa-ini-mohon-perlindungan-allah-MSonrhTsKq.jpg ilustrasi (stutterstock)

JAKARTA – Tiga gempa bumi kuat mengguncang Indonesia, Selasa (7/7/2020) sejak jelang siang tadi. Gempa pertama berkekuatan magnitudo 5,1 terjadi pukul 11.44 WIB berpusat di darat sekitar 18 kilometer arah barat daya Rangkasbitung, Lebak, Banten.

Gempa kedua dengan magnitudo 5,0 mengguncang Pangandaran dan Tasikmalaya, Jawa Barat dan sekitarnya sekira pukul 12.17 WIB. Kurang dari satu jam kemudian, giliran Bengkulu dan sekitarnya diguncang gempa magnitudo 5,2 dengan pusatnya sekitar 250 kilometer arah tenggara Pulau Enggano.

Baca juga: Amalan-Amalan saat Terjadi Gempa

BMKG menyatakan ketiga gempa tersebut tidak berpotensi menimbulkan gelombang tsunami. Ketiga gempa berpotensi terjadinya gempa susulan sehingga masyarakat diminta waspada.

Gempa adalah bukti kekuasaan Allah. Tak ada yang bisa memprediksi kapan ia terjadi. Allah yang tahu semuanya. Allah juga yang menggerakkan patahan dan lempeng bumi sehingga memicu gempa.

Maka, sudah sepatutnya bagi manusia mengingat Allah setiap saat termasuk saat gempa.

Muslim dianjurkan memperbanyak berzikir ketika adanya gempa atau bencana lainnya.

"Obat yang paling mujarab untuk mengobati bencana adalah memperbanyak tasbih," kata Imam Syafi’i, ulama besar yang madzhabnya banyak dirujuk umat Islam di Indonesia.

Baca juga: Gempa Menurut Pandangan Islam

Dianjurkan juga untuk berdoa. Salag satu doa yang bisa dipanjatkan di tengah bencana termasuk gempa bumi sebagai berikut:

اَللَّهُمّ إِنّيْ أَسْأَلُكَ خَيْرَهَا وَخَيْرَ مَا فِيْهَا، وَخَيْرَ مَا أَرْسَلْتَ بِهِ؛ وَأَعُوْذُ بِكَ مِنْ شَرِّهَا، وَشَرِّمَافِيْهَا وَشَرِّمَا أَرْسَلْتَ بِهِ

Allahumma innii as’aluka khoirohaa, wa khoiromaa fiihaa wa khoiro maa arsalta bih, wa a’udzubika min syarrihaa wasyarri maa fiihaa wa syarri maa arsalta bih

Artinya: "Ya Allah, sesungguhnya aku memohon kehadirat-Mu kebaikan atas apa yang terjadi, dan kebaikan apa yang di dalamnya, dan kebaikan atas apa yang Engkau kirimkan dengan kejadian ini. Dan aku memohon perlindungan kepada-Mu dari keburukan atas apa yang terjadi, dan keburukan atas apa yang terjadi di dalamnya, dan aku juga memohon perlindungan kepada-Mu atas apa-apa yang Engkau kirimkan."

(sal)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini