Share
Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Penjelasan Ponpes Gontor soal Santri Positif Covid-19

Jum'at 10 Juli 2020 17:46 WIB
https: img.okezone.com content 2020 07 10 620 2244445 penjelasan-ponpes-gontor-soal-santri-positif-covid-19-ioZVSMUv0r.jpg ilustrasi (stutterstock)
A A A

JAKARTA – Seorang santri Pondok Modern Gontor Kampus 2, Ponorogo, Jawa Timur positif terinfeksi virus corona atau Covid-19. Santri asal Sidoarjo tersebut kini masih dalam perawatan rumah sakit.

Wakil Pengasuh Pondok Modern Gontor Kampus 2 juga Juru Bicara Satgas Pengendalian Covid-19 di Pondok Modern Gontor Kampus 2, Ustadz H. Muhammad Hudaya mengatakan, santri itu diketahui terinfeksi corona setelah ada informasi hasil uji swab dari Dinkes Surabaya kepada orangtua santri.

“Langkah cepat penanganan terhadap santri yang dinyatakan positif langsung kami lakukan termasuk melakukan isolasi terhadap orang-orang yang berinteraksi dengan santri tersebut mulai dari teman satu kelas, satu asrama dan para asatidz. Santri yang dinyatakan positif saat ini sedang dalam perawatan di Rumah Sakit dan akan terus dipantau perkembangannya,” katanya dalam keterangan tertulis diterima Okezone, Jumat (10/7/2020).

Menurut Pondok Modern Gontor Kampus 2 terbuka untuk kerja sama dan koordinasi dengan Satgas Covid-19 Ponorogo terkait penanganan dan pencegahan Covid-19 terhadap santri dan penghuni kampus.

Baca juga: Santri dari Zona Merah dan Hitam Wajib Rapid Test

“Kami menginformasikan bahwa Pondok Modern Gontor Kampus 2 sejak 15 Maret 2020 sudah tidak dibuka untuk umum sejak dikeluarkannya Maklumat dari Pimpinan Pondok Modern Gontor No:3/PMDG/1441 tentang pencegahan risiko Covid-19 di kalangan santri yang salah satu isi maklumatnya berbunyi; Melarang kunjungan wali santri dan tamu sampai batas waktu yang tidak ditentukan,” katanya.

Sejak maklumat tersebut dikeluarkan, seluruh aktivitas di Pondok Modern Gontor Kampus 2 disesuaikan dengan protokol ketat penanganan Covid-19 termasuk salah satunya mengurangi berbagai kegiatan santri.

Hudaya menegaskan bahwa kasus santri positif Covid-19 hanya terjadi di Pondok Modern Gontor Kampus 2, tidak di kampus cabang-cabang Gontor lainnya juga Universitas Darussalam (Unida) Gontor.

“Pondok Modern Gontor Kampus 2 juga menegaskan bahwa selama ini tidak ada kasus Covid-19 di Pondok Modern Gontor, temuan kasus bukan berasal dari lingkungan dalam Pondok Modern Gontor tapi berasal dari luar pondok yakni dari Sidoarjo,” katanya.

Baca juga: Gaya Hidup Sehat ala Rasulullah agar Terhindar dari Penyakit

“Untuk itu kami mengimbau kepada seluruh wali santri Pondok Modern Gontor Kampus 2 agar tetap tenang dan bersabar atas ujian ini. Situasi di kampus Pondok Modern Gontor Kampus 2 kami informasikan saat ini tenang, aman, kegiatan santri-santri berjalan sebagaimana mestinya dengan tetap menjalankan protokol kesehatan Covid-19.”

Follow Berita Okezone di Google News

(sal)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini