Share
Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Menag: Banyak yang Bertanya Sholat Idul Adha di Lapangan atau Masjid?

Rabu 15 Juli 2020 17:41 WIB
https: img.okezone.com content 2020 07 15 620 2246915 menag-banyak-yang-bertanya-sholat-idul-adha-di-lapangan-atau-masjid-C7i3SWnKkJ.jpg Menag Fachrul Razi (Kemenag)
A A A

JAKARTA - Menteri Agama Fachrul Razi memimpin rapat membahas persiapan Idul Adha 1441 Hijriah dan Program Kita Cinta Papua di Kantor Kementerian Agama RI, Jalan MH Thamrin, Jakarta Pusat, Rabu (15/7/2020).

“Saat ini umat muslim banyak yang bertanya apakah Sholat Idul Adha boleh di lapangan atau hanya di masjid, begitu juga dengan Sholat Idul Adha secara kenegaraan. Ini perlu kita bahas dengan cermat. Hasilnya akan saya laporkan ke Presiden Joko Widodo,” kata Menag saat memimpin rapat.

Baca juga: Cantiknya Sarah Al Amiri, Ilmuwan Arab di Balik Misi ke Mars

Di hadapan Menag dan peserta rapat lainnya, Dirjen Bimas Islam Kamarudin Amin memaparkan terkait Sholat Idul Adha tingkat kenegaraan, penyerahan dan pensaksian penyembelihan sapi kurban atas nama Presiden, Wakil Presiden, dan Menteri Agama di Masjid Istiqlal dan kalibrasi arah kiblat.

“Kami juga melaporkan perkembangan draft Peraturan Presiden terkait dengan penarikan zakat penghasilan bagi seluruh ASN dan Pegawai BUMN secara otomatis. Dan saat ini, draft prakarsa sudah di meja presiden. Sementara untuk masa kepengurusan BAZNAS berakhir pada 31 juli 2020. Saat ini sedang proses seleksi wawancara,” ujar Kamaruddin Amin seperti dikutip dari laman Kemenag.

Baca juga: Idul Adha Hari Jumat, Bolehkah Tidak Jumatan? 

Terkait Program Kita Cinta Papua atau membangun jembatan kesetiakawanan Aceh-Papua dijelaskan Menag bahwa program ini mendapat dukungan dari berbagai pihak. Untuk itu Menag berharap setiap Satker terkait segera menyiapkan dukungan terkait program ini seperti Ditjen Bimas Katolik dan Ditjen Bimas Kristen.

Selain membahas persiapan Idul Adha dan Program Kita Cinta Papua, rapat juga membahas berbagai isu di setiap Satker, mulai dari Pendidikan Islam, PTKN, BPJH, laporan pengadaan secara nasional hingga pemaparan masing-masing Ditjen.

Rapat ini juga diikuti Wakil Menteri Agama Zainut Tauhid Sa’adi beserta seluruh pejabat eselon I, staf khusus, staf ahli Menag dan pejabat eselon II pada Sekretariat Jenderal Kementerian Agama. Rapat berjalan dengan memperhatikan protokol kesehatan Covid-19.

Follow Berita Okezone di Google News

(sal)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini