Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Verstappen Prediksi F1 GP Hungaria 2020 Jadi Pekan Terburuk Red Bull

Wikanto Arungbudoyo, Jurnalis · Minggu 19 Juli 2020 15:44 WIB
https: img.okezone.com content 2020 07 19 620 2248776 verstappen-prediksi-f1-gp-hungaria-2020-jadi-pekan-terburuk-red-bull-0sfKgu0SrC.jpg Max Verstappen pesimis dengan peluang Red Bull di F1 GP Hungaria 2020 (Foto: Red Bull Racing)

BUDAPEST – Performa menurun dirasakan betul oleh Max Verstappen pada mobil RB16 sepanjang pekan balapan Formula One (F1) GP Hungaria 2020 di Sirkuit Hungaroring, Budapest. Pria asal Belanda itu berharap, F1 GP Hungaria 2020, akan menjadi pekan terburuk bagi Red Bull Racing musim ini.

Tim asal Milton Keynes tersebut digadang-gadang menjadi penantang kuat Mercedes AMG Petronas pada pekan ini. Sebab, Sirkuit Hungaroring tidak membutuhkan tenaga mesin besar yang menjadi keunggulan mobil W11.

Sebaliknya, lintasan di pinggiran Ibu Kota Budapest itu lebih membutuhkan aspek aerodinamika yang bagus. Keunggulan pada aspek tersebut dimiliki oleh RB16. Karena itu, Max Verstappen dan Alexander Albon, diharapkan bisa menantang duo Mercedes AMG Petronas.

Baca juga: Hasil Kualifikasi F1 GP Hungaria 2020, Lewis Hamilton Raih Pole Position

Max Verstappen kesulitan menjalani F1 GP Hungaria 2020 (Foto: Red Bull Racing)

Sayangnya, kenyataan berbanding terbalik dengan prediksi, setidaknya hingga kualifikasi. Max Verstappen hanya mampu mengakhiri babak penetuan posisi start tersebut di peringkat tujuh. Ia hanya bisa mencatatkan waktu tercepat 1 menit 14,849 detik.

Catatan waktu tersebut masih terpaut hingga 1,5 detik dengan Lewis Hamilton di peringkat satu. Celakanya, Max Verstappen juga kalah cepat dari dua pembalap Scuderia Ferrari, Charles Leclerc dan Sebastian Vettel, yang performanya jeblok pada dua seri terakhir.

Max Verstappen mengakui, memang ada yang salah dengan mobil RB16. Ia berharap masalah tersebut tidak berhubungan dengan setelan jet daratnya. Performa jeblok itu langsung membuat putra dari Jos Verstappen itu pesimis dengan peluang Red Bull di F1 GP Hungaria 2020.

“Jika kami sudah memahami isu ini, kami akan membuatnya jadi lebih baik. Jadi, memang ada yang salah. Kami masih menelitinya. Saya tidak yakini masalah ini berhubungan dengan setelan mobil,” papar Max Verstappen, dikutip dari Crash, Minggu (19/7/2020).

“Anda mendorong hingga batasan mobil, tetapi ketika mencapai batasan itu, mobil justru sedikit tricky dan mudah kehilangan bagian belakang. Tentu saja, ini tidak terlihat bagus, jadi saya memprediksi ini akan jadi pekan terburuk kami,” imbuh pembalap berusia 22 tahun tersebut.

Sementara itu, pada kualifikasi Sabtu 18 Juli 2020 malam WIB, Lewis Hamilton berhasil merebut pole position. Itu merupakan start terdepan ke-90 sepanjang karier balap pria asal Inggris tersebut. Ia tercatat sebagai pembalap paling sering start di posisi pertama saat lomba sepanjang sejarah F1.

Di tempat kedua ada rekan setimnya, Valtteri Bottas. Posisi start 1-2 itu diyakini akan bertahan hingga akhir lomba. Apalagi, jarak antara pembalap asal Finlandia itu dengan posisi tiga, Lance Stroll dari Racing Point, sekira 0,7 detik pada kualifikasi. Pekan ini akan kembali menjadi milik Mercedes AMG Petronas.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini