Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Antara Pesut dan Lumba-Lumba, Apa Bedanya Sih?

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Rabu 22 Juli 2020 18:16 WIB
https: img.okezone.com content 2020 07 22 620 2250517 antara-pesut-dan-lumba-lumba-apa-bedanya-sih-zEv5OdrC7E.jpg Pesut. (Foto: Whales)

MASYARAKAT Indonesia dihebohkan dengan video yang memperlihatkan sejenis ikan yang menyerupai lumba-lumba muncul di Sungai Mahakam, Kalimantan Timur. Video tersebut dengan cepat menjadi viral.

Terlebih ketika hewan tersebut loncat-loncat di atas air. Meski miripi seekor lumba-lumba, namun hewan yang terlihat dalam video tersebut adalah pesut.

Baca Juga: Heboh! Lumba-Lumba Berenang di Sungai Mahakam, Ini Faktanya

Pesut atau biasa disebut Irrawaddy Dolphin, juga dikenal dengan nama ilmiah Orcaella Brevirostris. Selintas penampilan pesut ini mirip dengan bayi beluga.

pesut

Kini status hewan ini telah dilindungi karena populasinya yang kian sedikit. Dilansir dari Whales, Rabu (22/7/2020), meski masih berkerabat dengan lumba-lumba yang berada di laut, Spinner Dolphin atau Stenella longirostris namun bentuk tubuh mereka cukup berbeda.

Pesut memiliki bentuk wajah yang bulat menyerupai bayi beluga. Sementara lumba-lumba memiliki moncong yang seikit lebih panjang.

Pesut memiliki tubuh berwarna abu-bau pada seluruh bagian tubuhnya, tapi warna tubuhnya tampak lebih terang pada bagian perutnya. Nah, lumba-lumba memiliki warna abu-abu tua pada bagian atas tubuhnya, abu-abu pada sisi badannya dan warna krem di bagian perutnya.

Pesut merupakan hewan yang dilindungi karena langka. Hewan ini hidup di air tawar pada perairan Sungai Mahakam dan perairan air tawar Filipina. Di Filipina sendiri hewan ini sudah nyaris punah karena populasinya yang sudah sangat sedikit .

pesut

Baca Juga: Melongok Jejak Manusia Purba di Gua Pawon Bandung, Ada Dapurnya Dayang Sumbi, Loh!

Hampir sama dengan saudaranya, menurut data yang dirilis IUCN, lumba-lumba sudah mengalami penurunan populasi secara global. Bahkan IUCN memasukkan hewan ini ke dalam list merah sebagai spesies yang terancam populasinya. Lumba-lumba hidup di air asin atau laut dan tersebar secara merata sepanjang garis khatulistiwa yang memiliki iklim tropis dan subtropis.

Dari segi ukuran pesut lebih unggul dibandingkan dengan saudaranya yang tinggal di laut. Pesut jantan memiliki panjang hingga 2,7 meter dan berat maksimum lebih dari 130 kilogram. Sementara lumba-lumba memiliki ukuran tubuh yang lebih kecil dengan panjang sekira 2,35 meter dan berat 82 kilogram.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini