Share
Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

5 Film Terbaik Karya Christopher Nolan

Evan Oktavianus, Jurnalis · Sabtu 25 Juli 2020 08:36 WIB
https: img.okezone.com content 2020 07 25 620 2251857 5-film-terbaik-karya-christopher-nolan-g2P8XSexiO.jpg Poster Inception (Foto: Warner Bros)
A A A

JAKARTA - Christopher Nolan adalah seorang sutradara yang sudah meraih banyak prestasi dalam dunia film. Christopher Nolan kerap membuat film yang membuat menonton takjub dengan jalan cerita yang disajikan.

Contohnya yaitu pada film terbarunya yang sebentar lagi akan tayang di layar lebar, dengan judul Tenet. Kabarnya film ini akan membawakan konsep ilmiah yang tidak kalah menantang dengan film-film lainnya, yakni tentang inversion atau memanipulasi waktu..

Okezone merangkum lima film terbaik karya Christopher Nolan, berikut daftarnya:

Baca Juga:

Richard Kyle Tak Berniat Menikahi Jessica Iskandar sejak Awal Pacaran

Kata Hana Hanifah soal Bermalam Bareng Kriss Hatta Sebelum Penangkapan

1. Dunkirk (2017)

Dunkirk

Dunkirk diangkat dari kisah nyata, yakni dari Perang Dunia II yang terjadi di Dunkirk, Prancis. Kejadian ini dikenal dengan operasi militer 'The Battle of Dunkirk' yang berlangsung dari 26 Mei hingga 4 Juni 1940.

Film ini menceritakan perjuangan pasukan Inggris saat melakukan operasi untuk mengevakuasi pasukan sekutu Inggris yang terkepung oleh pasukan Jerman di Dunkirk. Operasi tersebut dinamakan dengan Operasi Dynamo. Lebih dari 400 ribu tentara Inggris terlantar pada saat itu, mereka hanya berharap akan keajaiban untuk diselamatkan, atau tidak mereka menunggu sampai mereka semua mati.

Hal yang tidak ketinggalan dari film garapan Christopher Nolan, yakni konsep dari hasil kecerdasannya. Dalam film ini, Nolan membuat tiga sudut pandang yang berbeda dalam alur cerita penyelamatan para prajurit Inggris ini, antara lain The Mole (Darat), The Sea (Laut), dan The Air.

Rating IMDb: 8.4/10

Rating Rotten Tomatoes: 93 persen.

2. Interstellar (2014)

Interstellar

Interstellar bercerita tentang keadaan bumi yang sudah tidak layak untuk dihuni makhluk hidup. Sehingga NASA harus mengirim tim yang berisi oleh Cooper (Matthew McConaughey) berangkat dengan beberapa orang tim nya yang sebenarnya misi ini sama saja dengan misi bunuh diri. Cooper dengan berat hati harus meninggalkan anak kesayangan nya Tom (Casey Affleck) dan Murph (Jessica Chastain).

Namun dalam misi ini, Cooper bersama dengan timnya dihadapi dengan teori-teori yang membuat mereka harus membuat rencana-rencana agar dapat membuat rencana berhasil. Apakah mereka dapat menemukan jalan keluar untuk semua makhluk hidup di manusia?

Rating IMDb: 8.6/10

Rating Rotten Tomatoes: 72 persen

Follow Berita Okezone di Google News

3. Inception (2010)

Inception

Film ini mengisahkan seorang pencuri terampil bernama Dom Cobb (Leonardo DiCaprio) dan Arthur (Joseph Gordon-Levitt) direkrut oleh korporat spionase untuk menjadi salah satu agen rahasia mereka. Pasalnya, Cobb dan Arthur dapat menyusup ke alam bawah sadar target mereka, guna mendapatkan informasi yang penting melalui dunia mimpi.

Dalam suatu kasus yang mereka jalani, Cobb dan Arthur justru menjadi buronan internasional dan mengorbankan semua yang mereka punya, termasuk keluarga. Demi mendapati kembali keluarga mereka, Cobb dan Arthur menerima misi yang ditawarkan oleh Saito (Ken Watanabe) yang ingin mendominasi monopoli energi di dunia. Dengan menyelesaikan misi ini, Saito dapat mengembalikan hidup mereka seperti semula. Apakah Cobb dan Arthur dapat menyelesaikan misi dari Saito?

Kecerdasan Nolan yang ditumpahkan dalam film ini yakni pengimpletasian mimpi sebagai dunia yang bertingkat-tingkat.

Rating IMDb: 8.8/10

Rating Rotten Tomatoes: 86 persen.

4. Memento (2000)

Memento

Memento bercerita tentang seorang mantan penyelidik asuransi bernama Leonard Shelby (Guy Pearce) yang sedang memburu pembunuh istrinya. Namun Leonard memiliki tantangan, yakni ia memiliki penyakit memori jangka pendek. Dimana ia akan lupa semua yang ia lakukan di hari kemarin saat ia bangun tidur di pagi harinya.

Untuk menyiasatinya, sebelum Leonard tidur di malam hari, ia membuat catatan kecil tentang apa yang ia lakukan di hari itu. Bisa catatan di memo, foto, atau bahkan tato di tubuhnya.

Perjuangan Leonard untuk menemukan sang pembunuh merupakan hal yang menarik dalam film ini. Memento menghadirkan alur mundur.

Rating IMDb: 8.5/10

Rating Rotten Tomatoes: 92 persen

5. The Dark Knight (2008)

The Dark Knight

Salah satu mahakarya Nolan dalam perjalannya menjadi seorang sutradara. The Dark Knight merupakan salah satu dari trilogi The Dark Knight, film ini menceritakan kondisi kota Gotham kacau akibat seorang psikopat berdandanan badut yang juga dikenal sebagai musuh bebuyutan dari Batman (Christian Bale) muncul, yakni Joker (Heath Ledger).

Dengan pasukan yang dimiliki Joker, Batman cukup kewalahan dalam melawan Joker. Apalagi Joker menawarkan kepada para mafia untuk membunuh Batman dengan imbalan. Bagaimanakah Batman dapat menghentikan kekacauan yang dilakukan oleh Joker?

Rating IMDb: 9/10

Rating Rotten Tomatoes: 94 persen.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini