Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Presiden Jokowi Negatif Covid-19, Ingatkan Masyarakat Patuhi Protokol Kesehatan di Luar Rumah

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Sabtu 25 Juli 2020 17:42 WIB
https: img.okezone.com content 2020 07 25 620 2252045 presiden-jokowi-negatif-covid-19-ingatkan-masyarakat-patuhi-protokol-kesehatan-di-luar-rumah-IFZMtnoih4.jpg Presiden Jokowi dan Iriana. (Foto: Instagram @jokowi)

PUBLIK terkejut dengan kabar Wakil Wali Kota Solo, Achmad Purnomo, terkonfirmasi positif Covid-19 usai dua kali tes swab PCR, tak lama setelah bertemu Presiden Joko Widodo di Jakarta, Kamis 16 Juli 2020. Setelah keluar informasi ini, publik juga bertanya-tanya bagaimana hasil tes Presiden Joko Widodo?

Ya, dengan terkonfirmasinya Achmad Purnomo sebagai pasien positif Covid-19, maka Presiden Joko Widodo termasuk dalam orang yang mesti di-tracing. Sebab, dia didatangi orang yang diduga membawa virus SARS-CoV2 positif.

Purnomo sendiri menjalani PCR pertama pada Jumat 17 Juli 2020 atau sehari setelah bertemu dengan Presiden Jokowi. Di sini status Covid-19 Purnomo negatif. Sehari kemudian, Sabtu 18 Juli 2020), dia menjalani pemeriksaan PCR lanjutan sesuai arahan dari Dinas Kesehatan Kota Surakarta dan dinyatakan positif Covid-19.

Baca Juga: Wajah Bahagia Presiden Jokowi Gowes di Istana Bogor, Enggak Lupa Pakai Masker!

jokowi

Di sisi lain, hari ini, Sabtu (25/7/2020) Presiden Jokowi mengumumkan hasil tes swab PCR-nya. Diwawancarai pihak Biro Pers, Media, dan Informasi, Sekretaris Presiden, Jokowi menyatakan hasil pemeriksaan Covid-19 dirinya negatif.

"Tadi malam (Jumat, 24/7), sudah keluar hasil tes swab Covid-19. Alhamdulillah negatif. Ibu (Iriana) juga negatif," tutur Jokowi sambil gowes di area Istana Kepresidenan, Bogor, Jawa Barat. Tes swab Presiden Joko Widodo dan Iriana Jokowi dilakukan Jumat sore.

Di kesempatan itu pun Presiden Jokowi menyatakan kala dirinya merasa sehat dan bugar. Tubuhnya pun fit tanpa ada gejala penyakit apapun.

"Alhamdulillah sehat-sehat saja. Pagi hari ini saya berolahraga, bersepeda, agar badan lebih sehat lagi sehingga imunitas tubuh menjadi lebih baik," ungkap Jokowi.

Baca Juga: Sambil Gowes, Presiden Jokowi Umumkan Hasil Swab Covid-19 Negatif, Alhamdulillah...

Di tengah pandemi yang melanda di setidaknya 215 negara, Presiden kembali mengingatkan masyarakat untuk disiplin menerapkan protokol kesehatan. Perilaku disiplin masyarakat terhadap protokol kesehatan turut berperan penting dalam mempercepat penanganan pandemi oleh pemerintah.

"Saya berulang-berulang mengajak masyarakat untuk menjaga imunitas tubuh dengan berolahraga secara rutin, makan makanan yang bergizi, jangan lupa pakai masker, cuci tangan sehabis aktivitas, jangan masuk ke dalam kerumunan, dan jaga jarak. Itu yang paling penting harus kita jaga terus," pungkas Presiden Jokowi.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini