Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Siswa Madrasah Ini Wakili Indonesia di Olimpiade Matematika Tingkat Dunia

Minggu 26 Juli 2020 08:06 WIB
https: img.okezone.com content 2020 07 26 620 2252197 siswa-madrasah-ini-wakili-indonesia-di-olimpiade-matematika-tingkat-dunia-RhABrK4thR.jpg Muhammad Radja Adzka (Kemenag)

KAYUAGUNG - Muhammad Radja Adzka, siswa Madrasah Aliyah Negeri MAN Insan Cendekia (MAN IC) Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI), Sumatera Selatan, meraih Medali Perunggu (Bronze) Asia International Mathematical Olympiad (AIMO) 2020 tingkat nasional.

Raihan ini diumumkan pada 23 Juli 2020. Atas prestasi ini, Radja Adzka akan mewakili Indonesia pada AIMO 2020 tingkat dunia yang akan digelar secara daring pada 15 Agustus 2020.

AIMO merupakan salah satu ajang tahunan Internasional Olimpiade Matematika Dunia yang diikuti oleh 24 Negara, yakni: China, Hongkong, Macau, Taiwan, Mongolia, South Korea, Singapore, Indonesia, Malaysia, Thailand, The Philippines, Vietnam, Myanmar, Cambodia, India, Saudi Arabia, Iran, Uzbekistan, Kazakhstan, Turkey, Australia, Bulgaria, Nigeria and Brazil.

Baca juga: Jamaah Haji Gelombang Pertama dari Qassim Tiba di Jeddah

“Syukur Alhamdulillah, di tengah pandemi Covid-19 ini, siswa kita dapat memberikan kabar baik mengenai ajang lomba Internasional di bidang Matematika,” ujar Kepala MAN IC OKI Kiagus Faisal seperti dikutip dari keterangan di laman resmi Kemenag, Minggu.

Menurutnya, Radja di madrasah dikenal memiliki keunggulan akademik, khususnya matematika. Itu ditandai dengan banyaknya prestasi nasional dan internasional yang diraihnya.

“Banyak prestasi internasional diraih Radja di bidang Matematika. Misalnya, Soulth East Asian Matematics (SEAMO), Thailand International Mathematics Olympiad (TIMO) dan World Mathematics International (WMI),” jelas Faisal.

Baca juga: Wajib Tahu, Begini Hukum Santet Menurut Islam dan Cara Mengatasinya

Terpisah, Radja mengaku tidak menyangka akan kembali mewakili Indonesia di AIMO 2020. Kini dia tengah fokus mempersiapkan diri untuk mengikuti kompetisi tersebut.

“Perjuangan belum berakhir, masih banyak latihan untuk nanti ke tingkat Internasional agar dapat memperoleh hasil yang terbaik nantinya,” tuturnya.

Di AIMO 2020 tingkat nasional, Radja bersaing dengan siswa-siswa pilihan dari berberapa sekolah/madrasah. Mereka di antaranya berasal dari SMA N 1 Bekasi, SMA PAHOA, SMA Unggul Del, SMA Taruna Nusantara Magelang, ST Josepsh Institution International School, SMA N 1 Mataram, SMAS Kharisma Bangsa, XIN Zhong School, MAN IC Serpong, SMAK KOLESE SANTO YUSUP Malang, SMA Kristen Petra 2, SMAN 106 Jakarta dan Jakarta Intercultural School.

“Saya saat ini juga tengah mempersiapkan diri untuk mengikuti Kompetisi Sains Nasional Tingkat Provinsi Sumatera Selatan, mewakili Kabupaten OKI, yang akan digelar pada Agustus mendatang,” tutupnya.

(sal)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini