Share
Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Jokowi dan KH Ma'ruf Amin Serahkan Sapi Kurban ke Masjid Istiqlal

Kamis 30 Juli 2020 12:48 WIB
https: img.okezone.com content 2020 07 30 620 2254422 jokowi-dan-kh-ma-ruf-amin-serahkan-sapi-kurban-ke-masjid-istiqlal-uO2H7XdFdn.jpg Penyerahan sapi kurban Presiden Jokowi ke Masjid Istiqlal (Kemenag)
A A A

JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyerahkan sapi kurban jenis limoushin seberat 1,88 ton ke Masjid Istiqlal, Jakarta Pusat. Wakil Presiden KH Ma’ruf Amin juga mengurbankan sapi jenis yang sama dengan Jokowi, hanya saja beratnya 938 kilogram.

Sapi kurban Jokowi diserahkan Deputi Bidang Administrasi Satwalpres Guntur Helmi kepada Menteri Agama Fachrul Razi selaku Ketua Badan Pengelola Masjid Istiqlal, Kamis (30/7/2020).

Baca juga: Merayakan Idul Adha, Membela Kemanusiaan

Sedangkan sapi kurban Kiai Ma’ruf diserahkan Kepala Biro Administrasi Satwapres Ucu kepada Wakil Menteri Agama Zainut Tauhid Sa'adi.

"Kita tahu kurban adalah kewajiban bagi mereka yang berkemampuan. Alhamdulillah Bapak Presiden dan Bapak Wakil Presiden tidak pernah lupa, ini selalu memberikan kurban di mana tempat, salah satunya yang selalu di acarakan secara formal, resmi adalah di Masjid Istiqlal ini," kata Fachrul Razi usai menerima hewan kurban tersebut.

Hewan kurban itu akan disembelih pada Hari Raya Idul Adha 1441 Hijriah dan dagingnya dibagikan kepada mereka yang berhak. Daging hewan kurban biasanya sebagian diambil bagi mereka yang berkurban, sebagian dibagikan kepada tetangga dan teman, sebagian lagi disalurkan kepada fakir miskin.

Namun, Menag memberikan catatan khusus dalam pelaksanaan penyembelihan hewan kurban di tengah pandemi Covid-19 ini agar memberikan porsi yang lebih besar bagi fakir miskin dan masyarakat terdampak Covid-19.

"Tapi kali ini, Saya selalu berpesan kepada semua umat-umat Indonesia yang berkurban bahwa dagingnya karena memang situasi kita seperti ini, hendaknya sebanyak-banyaknya diberikan kepada fakir miskin atau pada mereka yang terdampak Covid," ujarnya seperti dikutip dari laman resmi Kemenag.

Dalam kesempatan tersebut, Menag juga menyerahkan hewan kurbannya berupa sapi limoushin seberat 800 kilogram yang diterima Imam Besar Masjid Istiqlal Nasaruddin Umar.

Follow Berita Okezone di Google News

(sal)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini