Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Tangis Pengungsi Rohingya di Lhokseumawe Pecah saat Rayakan Idul Adha

Muhammad Jafar Yusuf, Jurnalis · Sabtu 01 Agustus 2020 09:15 WIB
https: img.okezone.com content 2020 08 01 620 2255297 tangis-pengungsi-rohingya-di-lhokseumawe-pecah-saat-rayakan-idul-adha-DwJsMz3z47.JPG Pengungsi Rohingya menangis usai lakukan sholat id (Foto: iNews/Jafar)

LHOKSEUMAWE - Suasana haru menyelimuti lokasi penampungan imigran muslim Rohingya di Desa Menasah Mee, Kemukiman Kandang, Kecamatan Muara Dua, Kota Lhokseumawe, Aceh.

Puluhan perempuan dewasa dan orang tua Rohingya dan anak-anak larut dalam tangisan sesudah melaksanakan sholat Hari Raya Idul Adha bersama di penampungan.

Sebanyak 99 imigran rohingya yang ada, menumpahkan tangis mereka, sejumlah perempuan Rohingya saling berpelukan dan menguraikan air mata.

Rasa sedih mereka dimulai sesudah melaksanakan sholat Hari Raya Idul Adha bersama di penampungan tersebut. Para lelaki mencoba menenangkan emosi wanita yang larut dalam kesedihan dan tangisan.

Karim pria berumur 39, salah satu imigran Rohingya, menjelaskan bahwa mereka menangis mengingat orang tua dan sanak keluarga yang masih terpisah di hari raya dan keluarga yang telah meninggal selama terjadi kekerasan terhadap etnis rohingya.

Warga Rohingya masih berada di kamp penampungan Bangladesh, sebagian telah berhasil menunju Malaysia, Australia dan Amerika Serikat mencari kehidupan yang layak.

Sementara itu Ketua Satuan Tugas Penanganan Pengungsi Rohingya dan Kepala Dinas Sosial Kota Lhokseumawe, Ridwan Djalil menjelaskan kesedihan imigran rohingya merupakan sisi kemanusiaan yang harus dipahami.

"Penanganan para imigran masih ada di bawah kendali UNHCR dan belum diketahui sampai masa kapan Rohingya berada di Penampungan Lhokseumawe," jelasnya.

(kha)

Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini