Share
Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Waspada dan Cegah Penyakit Tidak Menular Selama Pandemi Covid-19

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Sabtu 01 Agustus 2020 15:19 WIB
https: img.okezone.com content 2020 08 01 620 2255404 waspada-dan-cegah-penyakit-tidak-menular-selama-pandemi-covid-19-40rNTR1eFH.jpg Cek tekanan darah waspada PTM (Foto : Medicalnewstoday)
A A A

Selain virus corona, berbagai penyakit tidak menular (PTM) seperti jantung koroner, hipertensi, dan diabetes tak boleh terabaikan selama pandemi Covid-19. Karena, hampir semua PTM bersifat silent killer atau gejala sering tidak disadari.

Selain itu, menurut Dokter Spesialis Penyakit Dalam sekaligus Founder Komunitas Sobat Diabet, dr. Rudy Kurniawan Sp.PD, PTM merupakan komorbit atau penyakit penyerta yang dapat berakibat fatal jika dibarengi dengan Covid-19. Sayangnya, gejala menderita PTM sering tidak disadari oleh banyak orang, misalnya hipertensi.

“Saat tekanan darah tinggi sering kali tidak ada gejala. Pas gitu dicek tinggi. Saat tingginya ekstrim bisa menyebabkan stroke dan bisa mengalami masalah kesadaran,” terang dr. Rudy, dalam acara Tropicana Slim, ‘Pentingnya Peran Ibu dalam Menjaga Kesehatan Keluarga’, Sabtu (1/8/2020).

Pusing

Selain itu, dr Rudy mengatakan bahwa hipertensi juga terkait dengan beberapa penyakit lain seperti jantung, ginjal hingga gangguan penglihatan. PTM ini menurut dr Rudy disebabkan oleh gaya hidup seseorang yang tidak sehat.

Baca Juga: Pekan ASI Sedunia, Manfaat Istimewa Air Susu Ibu untuk Bayi

Tips mencegah penyakit tidak menular

Karenanya, penyakit tidak menular tersebut dapat dicegah dengan mengatur gaya hidup yang sehat. Dokter Rudy mengimbau untuk memilih asupan makanan yang tepat agar terhindar dari penyakit tidak menular.

“Pilih bahan makanan yang sehat, tetap mengandung 4 sehat 5 sempurna dan diolah dengan kandungan yang lebih sehat juga,” terang Rudy.

Follow Berita Okezone di Google News

Selain mengatur asupan makanan, melakukan aktivitas fisik dengan rutin berolahraga atau perbanyak aktivitas di rumah juga bisa dilakukan. Kalau seseorang kurang bergerak, risiko penyakit metaboliknya juga akan ikut naik.

Terkait dengan asupan makanan yang sehat, dr. Rudy menyarankan seseorang harus mengatur batasan aman dalam mengonsumsi gula, garam, lemak (GGL). Pastikan agar tidak mengonsumsi GGL di luar batas aman.

Diet Sehat

“Konsumsi gula maksimal 50 gram atau 4 sendok makan. Lemak 67 gram sekira 5 sendok makan dan garam sebanyak 5 gram atau 1 sendok teh per hari. Semua GGL dihitung dari apa yang sudah ada di dalam makanan,” tambahnya.

Lebih lanjut dr Rudy mengingatkan, ketika GGL melebihi ambang batas aman, maka risiko penyakit tidak menular seperti kolesterol, hipertensi dan diabetes akan semakin meningkat. Jadi, selalu perhatikan asupan makanan yang dikonsumsi setiap hari.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini