Share
Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

HUT ke-75 Indonesia, Simak Fakta Menarik Sejarah Bendera Merah Putih

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Selasa 04 Agustus 2020 12:29 WIB
https: img.okezone.com content 2020 08 04 620 2256648 hut-ke-75-indonesia-simak-fakta-menarik-sejarah-bendera-merah-putih-tJyGzRCkM2.jpg Ilustrasi. (Foto: Okezone)
A A A

MEMASUKI Agustus, semua masyarakat Indonesia bersiap untuk menyambut hari kemerdekaan. Tentunya banyak cerita menarik seputar hari Kemerdekaan Indonesia, salah satunya adalah sang saka merah putih yang sangat dihormati.

Seperti diketahui, bendera merupakan lambang kebesaran, kewujudan, dan kedaulatan sebuah wilayah atau negara. Oleh sebab itu, bendera menjadi salah satu benda yang sangat dihormati.

Negara atau organisasi pun sangat memerlukan simbol atau lambang. Nah, simbol-simbol tersebut mempunyai berbagai bentuk salah satunya dimanifestasikan dengan bendera.

Baca Juga: Cek Fakta, Air Kelapa Muda Ampuh Cegah Covid-19?

bendera

Melansir dari laman resmi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud), Selasa (4/8/2020), Indonesia memiliki bendera dengan dua warna yakni merah dan putih. Warna merah dan putih pada bendera negara diambil dari warna Kerajaan Majapahit.

Tak hanya kerajaan Majapahit saja yang memakai warna merah putih sebagai lambang kebesaran, Kerajaan Kediri juga telah memakai bendera merah putih sebagai lambang pemerintahannya.

Follow Berita Okezone di Google News

Bahkan bendera perang Sisingamangaraja IX dari tanah Batak pun memakai warna merah putih. Hanya saja, bendera mereka memiliki gambar pedang kembar berwarna putih dengan dasar merah menyala dan putih.

Baca Juga: Kangen Suami, Kahiyang Ayu Ngode Lewat Foto Pakai Masker Kece

Dua pedang kembar tersebut melambangkan piso gaja dompak yang merupakan pusaka raja-raja Sisingamangaraja I-XII. Saat terjadi perang di Aceh, para pejuang Aceh telah menggunakan bendera perang berupa umbul-umbul dengan warna merah dan putih.

Pada bagian belakang bendera disematkan gambar pedang, bulan sabit, matahari, dan bintang serta beberapa ayat suci Alquran. Selain itu, pada zaman kerajaan Bugis Bone, Sulawesi Selatan bendera merah putih juga menjadi simbol kekuasaan dan kebesaran kerajaan itu.

Bendera itu dikenal dengan nama Woromporang. Pada waktu perang Jawa sekira 1825-1830 masehi, Pangeran Diponegoro memakai bendera berwarna merah putih dalam perjuangannya melawan Belanda.

Seiring perkembangan zaman, warna-warna ini dihidupkan kembali oleh para mahasiswa serta para nasionalis pada awal abad ke-20. Warna ini sebagai ekspresi nasionalisme terhadap Belanda.

Baca Juga: 4 Pesona Gigi Hadid Calon Mama Muda Kesayangan Zayn Malik

Bendera merah putih digunakan untuk pertama kalinya di Jawa pada 1928. Pada masa pemerintahan kolonialisme Belanda, bendera merah putih dilarang digunakan.

Bendera merah putih resmi digunakan sebagai bendera nasional pada tanggal 17 Agustus 1945. Bertepatan dengan hari kemerdekaan Indonesia yang dikumandangkan oleh Presiden Pertama Republik Indonesia, Ir. Soekarno.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini