Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Dicari 1.020 Relawan Vaksin Covid-19 Made In China!

Wilda Fajriah, Jurnalis · Selasa 04 Agustus 2020 14:48 WIB
https: img.okezone.com content 2020 08 04 620 2256747 dicari-1-020-relawan-vaksin-covid-19-made-in-china-YvDPsvmBMC.jpg Ilustrasi. (Freepik)

UJI klinis fase III vaksin Sinovac Made In China dimulai Agustus 2020. Per Selasa (4/8/2020), sebanyak 600 orang sudah daftar jadi relawan vaksin Covid-19.

Hal itu disampaikan oleh Juru Bicara Tim Uji Klinis Vaksin Covid-19 Fakultas Kedokteran (FK) Universitas Padjadjaran (Unpad) Dr Rodman Tarigan SpAK, MKes.

Rodman mengatakan, tim uji klinis masih membutuhkan 1.020 relawan dan pendaftaran calon relawan vaksin Covid-19 terus dibuka hingga 31 Agustus 2020.

Baca Juga: Presiden Jokowi Bakal Nambah Cucu, Manjanya Gaya Kahiyang Ayu Hamil Anak ke-2

vaksin korona

"Hingga saat ini ada 600 orang yang mendaftar, kalau memenuhi kriteria penelitian akan diikutsertakan," ujar Rodman saat dihubungi, Selasa (4/8/2020).

Seperti diketahui, vaksin adalah produk biologi yang diketahui berasal dari virus, bakteri, atau dari kombinasi antara keduanya yang dilemahkan.

Menurut NHS, vaksin diberikan kepada individu yang sehat guna merangsang munculnya antibodi atau kekebalan tubuh guna mencegah dari infeksi penyakit tertentu seperti Covid-19.

Dr Rodman juga membeberkan syarat bila Anda ingin jadi relawan vaksin Covid-19. Berikut syarat dan ketentuan untuk menjadi relawan uji klinis vaksin Covid-19.

1. Dewasa sehat dengan rentang usia 18-59 tahun, yang selama pandemi Covid-19 ini senantiasa menjaga dirinya dari risiko penularan dengan mengimplementasikan physical distancing, dan menggunakan alat pelindung diri sesuai anjuran pemerintah.

2. Tidak sedang ikut atau diikutsertakan dalam uji klinis lain.

3. Tidak memiliki riwayat terinfeksi Covid-19 (akan dilakukan tes terhadap apus tenggorokan dan rapid test untuk mengetahui apakah Anda sedang atau pernah terinfeksi Covid-19).

Baca Juga: Cantiknya Wika Salim Olahraga di Rumah, Netizen: Body-nya Bikin Mimisan!

4. Dalam 14 hari sebelum dimulainya penelitian:

a. Tidak memiliki riwayat kontak dengan pasien yang terinfeksi virus corona.

b. Tidak memiliki riwayat kontak dengan pasien yang menunjukkan demam atau gejala sakit saluran pernapasan yang berdomisili di daerah atau komunitas yang terdampak Covid-19.

c. Tidak memiliki dua atau lebih kasus demam/gejala saluran pernapasan di daerah dengan lingkup kecil seperti rumah, kantor, sekolah, atau kelas.

5. Tidak mengalami penyakit ringan, sedang, atau berat, kelainan atau penyakit kronis, kelainan darah, terutama penyakit infeksi atau demam dengan suhu 37.5 C.

6. Bukan wanita hamil, menyusui, atau berencana hamil selama periode penelitian.

7. Tidak memiliki riwayat penyakit asma dan alergi terhadap vaksin.

8. Tidak memiliki riwayat penyakit pembekuan darah yang tidak terkontrol atau kelainan darah.

9. Tidak memiliki kelainan atau penyakit kronis (penyakit gangguan jantung yang berat, tekanan darah tinggi yang tidak terkontrol, diabetes, penyakit ginjal dan hati, tumor, penyakit epilepsi, atau penyakit gangguan saraf, dll).

10. Tidak memiliki riwayat penyakit gangguan sistem imun, dan pada 4 minggu terakhir tidak menerima terapi yang dapat mengganggu respon imun (misalnya imunoglobulin intravena, produk yang berasal dari darah, atau terapi kortikosteroid jangka panjang > 2 minggu).

11. Tidak mendapat imunisasi apapun dalam waktu 1 bulan ke belakang atau akan menerima vaksin lain dalam waktu 1 bulan ke depan.

12. Berdomisili di Kota Bandung dan tidak berencana pindah dari wilayah penelitian sebelum penelitian selesai.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini