Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Pekan ASI Sedunia, Tips Aman Menyusui di Masa Pandemi Covid-19

Wilda Fajriah, Jurnalis · Selasa 04 Agustus 2020 14:57 WIB
https: img.okezone.com content 2020 08 04 620 2256756 pekan-asi-sedunia-tips-aman-menyusui-di-masa-pandemi-covid-19-lM6LdISikl.jpg Ilustrasi. (Foto: Alamy)

BARU saja melahirkan buah hati merupakan momen bahagia yang dirasakan oleh para ibu. Namun, tak sedikit yang merasa khawatir tentang bagaimana mereka bisa aman menyusui bayinya di masa pandemi Covid-19.

Pada dasarnya, memberikan air susu ibu (ASI) kepada bayi merupakan hal yang sangat penting dilakukan. Karena ASI memiliki nutrisi yang baik yang dapat mendukung tumbuh kembang bayi, serta membentuk imunitas tubuh bayi agar tidak mudah terserang penyakit.

Makanya, setiap ibu harus mempelajari pedoman menyusui di masa pandemi Covid-19 ini. Asalkan dilakukan dengan cara yang benar, maka pemberian ASI akan tetap aman untuk ibu dan si bayi.

Dokter spesialis anak, Dokter Jully Kasie SpA, mengatakan, jika sang ibu sudah melakukan swab test sekira 2 kali dan hasilnya selalu negatif, maka mereka dapat menyusui bayinya secara langsung.

"Kalau ibunya sudah dipastikan bebas Covid-19 dan dalam keadaan sehat, maka mereka boleh menyusui bayinya secara langsung. Namun jika ibu khawatir, boleh dilakukan dengan cara memerah asi," ujarnya dalam program Talk Show Keluarga Sehat, Selasa (4/8/2020).

Baca Juga: Cantiknya Wika Salim Olahraga di Rumah, Netizen: Body-nya Bikin Mimisan!

Namun, ibu yang merasa kurang enak badan atau belum pernah melakukan test swab, ada baiknya untuk menyusui sembari melakukan protokol kesehatan. Adapun tipsnya adalah sebagai berikut.

Menggunakan masker

asi

Droplet merupakan salah satu media penularan Covid-19. Ketika menyusui, penting bagi ibu untuk menggunakan masker. Hal ini dilakukan agar droplet yang keluar dari saluran hidung maupun mulut tidak mengenai si bayi.

Menjaga kebersihan payudara

Bagi ibu yang akan menyusui langsung, penting untuk menjaga kebersihan payudara. Kebersihan payudara harus diperhatikan setiap saat. Baik sebelum menyusui, saat menyusui, ataupun setelah menyusui.

Menjaga kebersihan tangan

cuci tangan

Tak hanya payudara, tangan pun tak kalah penting untuk dijaga kebersihannya. Terlebih saat akan menggendong bayi dan memegang payudara. Untuk itu, kebersihan tangan patut diperhatikan setiap saat.

Baca Juga: Presiden Jokowi Bakal Nambah Cucu, Manjanya Gaya Kahiyang Ayu Hamil Anak ke-2

Menjaga kebersihan alat perah

Jika sang ibu merupakan seorang pekerja, maka ia bisa memberikan ASI dengan cara diperah. Dokter Jully mengatakan, tidak ada alasan bagi para ibu untuk tidak memberikan ASI dengan alasan sibuk atau bekerja. ASI bisa diberikan dengan cara diperah.

Agar tidak terjadi penularan virus atau penyakit lainnya, penting bagi ibu untuk menjaga kebersihan alat-alat perah tersebut. Tidak usah dicuci menggunakan desinfektan, cuci dengan sabun saja sebenarnya sudah cukup.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini