Share
Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

4 Kuliner khas Dieng yang Wajib Anda Cicipi

Dimas Andhika Fikri, Jurnalis · Senin 10 Agustus 2020 18:50 WIB
https: img.okezone.com content 2020 08 10 620 2259991 4-kuliner-khas-dieng-yang-wajib-anda-cicipi-55rMXCtR7r.jpg Mi ongklok khas Dieng. (Foto: Instagram @jogjabikinlaper)
A A A

LIBURAN di Dataran Tinggi Dieng, tentu belum afdol jika belum mencicipi kuliner khas lokal. Jangan salah, Dieng punya segudang jajanan dengan keunikannya masing-masing.

Jadi penasaran kan? Berikut Okezone rangkumkan 4 kuliner khas Dieng yang wajib Anda cicipi, seperti dikutip dari berbagai sumber, Senin (10/8/2020).

Mi Onglok

mi ongklok

Dieng juga punya olahan mi tradisional yang sangat khas. Namanya mi ongklok. Keunikan mi ongklok terletak pada tekstur kuahnya yang kental. Kuah mie ongklok terbuat dari campuran tepung tapioka, bawang merah, bawang putih, gula jawa, dan beberapa bumbu rempah.

Sedangkan untuk olahan mi-nya sendiri dibuat menggunakan keranjang kecil berbahan bambu yang biasa disebut ongklok. Dari sinilah nama mi ongklok didapatkan.

Mie ongklok biasanya disajikan dengan irisan tahu bacem, sayur kol, dan potongan daun kucai. Kombinasi bahan-bahan tersebut menyuguhkan sensasi rasa manis dan gurih.

Nah, untuk harga mi ongklok sendiri dibanderol dengan harga yang sangat terjangkau. Satu porsi mi ongklok dibanderol senilai Rp10 ribu saja. Murah bukan?

Baca Juga: 5 Pose Cantik Amanda Caesa yang Bikin Dul Jaelani Makin Kepincut

Carica

carica

Liburan ke dataran tinggi Dieng belum afdol jika belum mencicipi kelezatan buah carica. Ada banyak olahan carica yang bisa Anda jumpai di tempat ini.

Sekadar informasi, carica merupakan tanaman buah yang masih satu keluarga dengan pepaya. Rasanya yang manis dan sedikit asam, cocok banget untuk dijadikan makanan penutup. Carica biasanya disajikan dalam bentuk manisan hingga sop buah. Harganya juga sangat terjangkau yakni, Rp20 ribuan per kemasan.

 

Follow Berita Okezone di Google News

Purwaceng

purwaceng

Bagi sebagian orang, purwaceng mungkin masih terdengar asing di telinga mereka. Purwaceng merupakan sejenis tanaman obat yang banyak timbuh di dataran tinggi Dieng. Warga lokal biasanya mengolah purwaceng untuk dijadikan olahan teh.

Ada banyak khasiat yang terkandung di dalam purwaceng, antara lain dapat meningkatkan vitalitas, menghangatkan tubuh, menghilangkan pegal linu, mencegah atau meredakan masuk angin, meringankan demam dan juga dapat menjadi anti kanker. Jadi setelah puas mengeksplorasi objek wisata di Dieng, jangan lupa nencicipi purwaceng ya, Okezoners!

Baca Juga: Gaya Nia Ramadhani Pakai Swimwear di Pantai, Centil Banget!

Harganya dibanderol mulai dari Rp50 ribu - Rp100 ribu per kemasan. Tapi bila Anda hanya ingin mencicipi olahan teh purwaceng, cukup keluarkan budget Rp10 ribu saja.

Sagon

sagon

Terakhir ada Sagon. Kudapan ini merupakan jajanan khas Dieng yang wajib Anda cicipi. Sagon terbuat dari tepung sagu dan ditambah dengan parutan kelapa dan melalui proses pemanggangan.

Sagon biasanya disajikan dalam keadaan hangat, dan memiliki tekstur yang tebal dan kaya akan serat. Rasanya sangat gurih, dan cocok untuk dijadikan pengganjal perut saat Anda sedang mengeksplorasi objek wisata di Dieng.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini