Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Program Dai Bersertifikat Segera Bergulir

Selasa 11 Agustus 2020 16:43 WIB
https: img.okezone.com content 2020 08 11 620 2260532 program-dai-bersertifikat-segera-bergulir-pKFwryQnFo.jpg Sholat Jumat di Masjid Lautze, Jakarta Pusat (Okezone.com/Fahreza)

LAMPUNG - Menteri Agama Fachrul Razi mengatakan program dai atau penceramah bersertifikat akan segera digulirkan mulai triwulan 2020 dan sudah dibahas bersama Wakil Presiden KH Ma’ruf Amin. Sifat sertifikasi dai ini tidak terikat dan ada paksaan.

"Kemenag pada triwulan ketiga ini akan punya program dai bersertifikat. Ini sudah dibahas bersama dalam rapat dengan Wapres," kata Menag saat meninjau Masjid Safinatul Ulum di UIN Raden Intan, Lampung, Selasa (11/8/2020).

Baca juga: 5 Fenomena Lafadz Allah yang Sempat Hebohkan Jagat Maya 

"Kita perlu punya dai bersertifikat yang berbicara Islam rahmatan lil alamin. Masjid bisa diisi para dai itu untuk mendakwahkan Islam yang damai dan penuh toleran," lanjutnya.

Program dai bersertifikat ini tidak mengikat. Program ini bisa diikuti bagi penceramah yang berkenan mengikutinya. Untuk dai yang tidak ingin ikut, juga tidak ada paksaan.

Menag berharap, masjid tidak hanya menjadi sarana sebarkan iman dan takwa. Lebih dari itu, masjid bisa dijadikan sarana menguatkan kerukunan bangsa.

"Masjid tempat beribadah sekaligus simbul kerukunan. Dari masjid, juga bisa dibicarakan masalah kerukunan, sikap saling menghargai, dan membangun Islam rahmatan lil alamin," tuturnya seperti dikutip dari keterangan di laman Kemenag.

Baca juga: "Sejak Rajin Puasa Senin-Kamis Saya Enggak Harus Minum Obat Lagi"

Rektor UIN Raden Intan Lampung Mukri melaporkan bahwa masjid di kampusnya diberi nama Safinatul Ulum. Artinya, kapal ilmu. Menurut Mukri, nama tersebut merupakan simbol transformasi.

(sal)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini