Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Ini Arti Nama Unik Empat Cucu Presiden Jokowi

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Rabu 12 Agustus 2020 15:47 WIB
https: img.okezone.com content 2020 08 12 620 2261075 ini-arti-nama-unik-empat-cucu-presiden-jokowi-G3i3XznRkS.jpg Presiden Jokowi. (Foto: Instagram @jokowi)

PRESIDEN Republik Indonesia Joko Widodo (Jokowi) tengah berbahagia sebagai seorang kakek. Belum lama ini, Jokowi dianugerahi cucu keempat dari pasangan Kahiyang Ayu dan Bobby Nasution. Jokowi resmi menjadi kakek empat orang cucu pada Senin 3 Agustus 2020, pukul 20.21 WIB di Rumah Sakit YPK Mandiri, Jakarta.

Cucu keempat Jokowi ini berjenis kelamin laki-laki dengan berat 3,4 kilogram dan tinggi 49,5 sentimeter. Pada awal kelahiran, Jokowi tidak sempat mengumumkan nama lengkap sang cucu kepada media. Ia hanya mengungkapkan adanya marga Nasution pada akhir nama cucunya tersebut.

Bukan Jokowi namanya apabila ia tidak memberikan nama yang memiliki makna yang sangat mendalam. Bahkan ketiga orang cucu lainnya pun diberikan nama yang unik dengan arti yang sangat bagus dan tak terpikirkan sebelumnya.

Tentunya banyak masyarakat yang penasaran dengan arti nama yang dimiliki oleh keempat cucu Jokowi. Dalam artikel ini Okezone akan merangkumnya, yuk disimak.

1. Panembahan Al Nahyan Nasution

 bayi panembahan

Setelah seminggu merahasiakan nama putranya, Bobby Nasution pun akhirnya membocorkan nama lengkap cucu keempat Jokowi. Anak dari pasangan Bobby Nasution dan Kahiyang Ayu ini diberi nama Panembahan Al Nahyan Nasution.

Panembahan sendiri merupakan kata dalam bahasa Jawa yang artinya orang yang disembah atau sosok junjungan. Kata tersebut asal katanya dari 'manembah' yang artinya menyembah. Panembahan sendiri merupakan gelar yang cukup agung dalam budaya Jawa.

Panembahan adalah gelar yang posisinya ada di bawah gelar Sultan atau Raja Besar. Meski begitu, tetap memiliki derajat dalam kehidupan.

Baca Juga: Nama Cucu Keempat Presiden Jokowi Terungkap, Apa Artinya?

Sementara itu, Al Nahyan merupakan bahasa Arab yang artinya Bijak. Lalu, untuk Nasution, itu merupakan nama marga Mandailing, Sumatera Utara. Nama tersebut pun akan selalu melekat dalam keturunan Nasution.

2. La Lembah Manah

 la lembah

La Lembah Manah adalah cucu ketiga Jokowi dari pasangan Gibran Rakabuming Raka dan Selvi Ananda. Nama bayi berjenis kelamin perempuan tersebut diambil dari Bahasa Jawa yang memiliki arti rendah hati. Diharapkan dengan pemberian nama ini, cucu perempuan Jokowi ini kelak dapat bersikap rendah hati saat dewasa nanti.

3. Sedah Mirah Nasution

 sedah

Sedah Mirah Nasution adalah cucu kedua Jokowi dari pasangan Bobby Nasution dan Kahiyang Ayu. Nama Sedah Mirah sendiri memiliki arti yang diadopsi dari Bahasa Jawa yang artinya menawan dan soleha. Jokowi tampaknya menaruh harapan yang begitu besar terhadap cucu perempuan pertamanya supaya soleha dan menawan ketika ia tumbuh dewasa.

Baca Juga: 

Kahiyang Ayu Melahirkan Sesar, Alhamdulilah Bayinya Sehat
Kahiyang Ayu Melahirkan Sesar, Alhamdulilah Bayinya Sehat

4. Jan Ethes Srinarendra

 jan ethes

Jan Ethes Srinarendra adalah cucu pertama Jokowi dari pernikahan Gibran Rakabuming Raka dan Selvi Ananda, Jan Ethes Srinarendra memiliki makna Pemimpin yang Cerdas dan Cekatan. Terbukti nama yang disematkan tersebut mewakili karakter Jan Ethes saat ini.

Cucu kesayangan Jokowi tersebut kerap tampil di layar kaca menemani sang kakek dalam beberapa kegiatan. Sesuai dengan makna namanya, Jan Ethes juga tidak malu berhadapan dengan banyak orang dan pandai dalam berbicara di depan publik.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini