Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Renungan 17 Agustus: Saatnya Bersatu Lawan Pandemi Covid-19, Bersama Menjadi Indonesia Sehat

Dewi Kania, Jurnalis · Senin 17 Agustus 2020 08:37 WIB
https: img.okezone.com content 2020 08 17 620 2263257 renungan-17-agustus-saatnya-bersatu-lawan-pandemi-covid-19-bersama-menjadi-indonesia-sehat-1oLtxgkqtT.jpg Ilustrasi. (Freepik)

SUASANA perayaan HUT ke-75 RI berbeda dari tahun sebelumnya. Kita harus mengalami pandemi Covid-19 yang membuat pola hidup berubah. Dalam situasi pandemi Covid-19, kita mendapat tantangan besar.

Karena itu, sudah sepatutnya pada HUT ke-75 RI jadi momentum mempersatukan bangsa untuk melawan pandemi Covid-19. Semua kalangan masyarakat berupaya melawan pandemi, termasuk mencari obat dan dan vaksin Covid-19.

Sekretaris Jenderal Palang Merah Indonesia (PMI) Sudirman Said menyatakan, sayangnga, masih banyak di antara kita yang lengah menghadapi situasi baru ini. Menghadapi wabah Covid-19, bukan sendiri-sendiri, tetapi harus bersatu melawan virus corona.

"Maka tepat rasanya menjadikan momentum 17 Agustus untuk menyatukan berbagai potensi," kata Sudirman saat dihubungi, baru-baru ini.

Dalam perayaan Hari Kemerdekaan, kata Sudirman Said, selalu menjadi momen penting mengingat kembali cita-cita kemerdekaan. Bukan Indonesia saja, setiap negara sama-sama berjuang melawan pandemi Covid-19.

Baca Juga: Potret Cantik Nia Ramadhani dan Cinta Laura Berbusana Merah Putih, Mirip Barbie!

sudirman

"Menjadi bangsa merdeka adalah jalan menuju bangsa yang cerdas, yang sehat, yang sejahtera dan dihormati warga dunia," imbuh Sudirman Said.

Maka, perayaan HUT ke-75 RI, jadi momen tepat untuk menyatukan bangsa. Kita harus kompak melawan pandemi Covid-19 dengan mengubah pola hidup sehat.

Sementara itu, Sosiolog Imam Prasodjo membagikan renungan 17 Agustus di tengah wabah Covid-19. Dia mengatakan, Indonesia mendapat tantangan dalam melawan pandemi Covid-19 yang belum pernah terjadi dalam sejarah Indonesia.

"Kita sekarang menghadapi sebuah krisis yang tidak pernah terjadi dalam sejarah," ucapnya.

 

Renungan selanjutnya adalah bagaimana membangun solidaritas di dalam menghadapi masa sulit seperti ini. Menurutnya, perlu ada sebuah pola baru kehidupan yang tidak mudah. Wabah ini menjadi tantangan terbesar di abad 2020.

Imam menegaskan, masyarakat jangan menyepelekan wabah Covid-19. Maka satu-satunya cara yang harus dilakukan perubahan perilaku. Masyarakat harus beradaptasi, mulai dari cara hidup hingga cara interaksi harus berubah. Karena penyakit ini menular melalui manusia, perilaku harus dijaga.

Menurut Imam, sekarang adalah tahun penentuan. Ya, kita akan bisa beradaptasi atau tidak? Karena manusia hidup saling bergantung dengan sesama.

covid

"Kalau ceroboh, tindakan yang kita lakukan bisa membahayakan orang lain, untuk keselamatan kita juga keselamatan keluarga dan masyarakat," bebernya.

Baca Juga: Potret Karina Salim, Aktris Cantik yang Ternyata Keturunan Pahlawan Nasional

Ditambahkan Pakar Komunikasi Politik Hendri Satrio, pada perayaan HUT ke-75 RI masyarakat harus semakin bergandengan melawan pandemi Covid-19. Bahkan tak sekadar momentum, tapi jadikan hal ini sebagai titik tolak menghadapi pandemi.

"Kita tahu Indonesia sedang tertekan dalam situasi pandemi, maka jadikan persatuan bangsa ini jadi tolak ukur, enggak usah diperdebatkan," simpulnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini