Share
Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Menag: Mari Dakwahkan Islam dengan Sejuk dan Toleran

Kamis 20 Agustus 2020 10:01 WIB
https: img.okezone.com content 2020 08 20 620 2264885 menag-mari-dakwahkan-islam-dengan-sejuk-dan-toleran-uPcsWYWWPL.JPG Menteri Agama, Fachrul Razi (Foto: Kemenag.go.id)
A A A

MENTERI Agama (Menag), Fachrul Razi menyebut bahwa Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN) harus jadi ujung tombak dalam menyiarkan Islam yang damai, toleran, dan tentunya moderat.

Hal itu disampaikannya dalam Seminar Nasional sekaligus launching Rumah Moderasi Beragama di IAIN Surakarta, Jawa Tengah. Seminar tersebut mengusung tema Moderasi Beragama sebagai Instrumen Pemersatu Bangsa Untuk Indonesia Maju. Rektor IAIN Surakarta Mudofir bertindak langsung sebagai moderator.

"Jangan sampai alumni-alumni PTKIN kita yang bergelar Sarjana Agama atau SAg memiliki sikap tidak toleran dan tidak moderat," kata Menag di hadapan peserta seminar yang berasal dari civitas akademika IAIN Surakarta, dikutip dari website Kemenag, Kamis (20/8/2020).

Baca juga: 5 Golongan Orang yang Selalu Didoakan Malaikat

"Mari kita dakwahkan Islam itu dengan sejuk dan toleran. Jangan membuat orang lain takut melihat Islam. Ini tugas kita bersama," sambung Menag.

Ia menambahkan, kerukunan umat beragama dan toleransi menjadi modal penting bagi sebuah negara dan bangsa. Menag pun mencontohkan tingginya toleransi umat beragama di Timur Tengah, khususnya di Uni Emirat Arab (UEA).

Dulu, lanjut Menag, padang pasir yang menjadi surga bagi rakyatnya sempat berubah menjadi puing-puing akibat konflik.

"Kini mereka telah bangkit dan sangat menjunjung tinggi kerukunan beragama dan toleransi. Malah kini mereka menjadi contoh teladan Islam yang moderat," tuturnya.

Follow Berita Okezone di Google News

Dengan jumlah yang sangat banyak, tentu kiprah umat Islam sangat besar dan menentukan dalam kemajuan bangsa. Untuk itu, moderasi beragama harus dikedepankan semua umat beragama karena kerukunan adalah modal penting pembangunan.

"Harapan saya moderasi beragama harus kita kedepankan. Selalulah bersikap damai dengan siapa pun," tandasnya.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini